Polres Palu Tetap Lanjutkan Kasus Jembatan IV

Walaupun Kejagung Juga Lakukan Pemeriksa Beberapa Saksi

- Periklanan -

PALU – Walaupun pihak Kejaksaan Agung (Kejagung) RI kini terus mendalami dan tengah memeriksa beberapa pihak terkait pembayaran utang Jembatan IV Palu, Polres Palu tetap pada komitmen awal tetap melanjutkan proses penyelidikan.
Sumber Radar Sulteng di Polres Palu menyebutkan, publik juga tahu bahwa yang lebih dulu melakukan penyelidikan dan sudah memeriksa beberapa saksi. Tidak mungkin Polres akan mundur menangani penyelidikan yang sudah dilakukan jauh-jauh hari. “Kalau saya lihat-lihat kemungkinan besar pak Kapolres tidak mau mundur dan tetap akan melanjutkan penyelidikan,” ujar sumber yang minta tidak menyebutkan identitasnya.

Menurut sumber, walaupun pihak Kejagung sudah ikut memeriksa beberapa orang yang ikut terlibat dalam proses pembayaran utang Jembatan IV Palu, tapi Polres Palu melalui unit Tipikor yakin terus melanjutkan penyelidikan. “Biarkan saja Kejagung memeriksa sendiri dan penyidik Polres juga jalan sesuai agenda awal,” bebernya.

Lanjut sumber, tentu semua tergantung kebijakan dari Kapolres Palu, apakah mau melanjutkan kasus tersebut atau mundur dan menyerahkan sepenuhnya ke Kejagung. Kalau sesuai etika dan kebiasaan kalau satu institusi hukum lebih dulu lakukan penyelidikan, mestinya institusi hukum lainnya hanya koordinasi saja. “Sejauh ini yang saya tahu dari Kejagung tidak ada koordinasi dengan penyidik Polres Palu yang lebih dulu menangani kasus ini. Mereka sepertinya jalan sendiri juga,” ungkapnya.

- Periklanan -

Paur Humas Polres Palu, Aipda Kadek Aruna dihubungi Radar Sulteng terkait apakah penyelidikan kasus pembayaran Jembatan IV Palu tetap dilanjutkan Polres Palu atau mundur karena pihak Kejagung juga sedang memeriksa beberapa pihak terkait kasus Jembatan IV Palu, mengatakan Polres Palu tetap melanjutkan penyelidikan kasus Jembatan IV Palu. “Kapolres lanjut pak roni jangan mundur kita mulai dari nol,” tulis Kadek Aruna melalui pesan pribadi WhatsApp.
Catatan Radar Sulteng penyidik Tipikor Polres Palu sudah memeriksa beberapa saksi, termasuk sudah memeriksa pihak kontraktor Jembatan IV PT. Global.

Kasat Reskrim Polres Palu, AKP Kristian Holmes Saragi, mengatakan, penyidik Tipikor Polres Palu, sudah kembali dari Jakarta usai memeriksa dan pengambilan keterangan terhadap pihak PT. Global. Direncanakan dalam waktu dekat, penyidik akan melakukan pengambilan keterangan terhadap 6 orang pihak yang diduga juga terkait dengan penyidikan kasus tersebut.
“Hingga saat ini sudah diambil keterangan kepada 9 orang, termasuk dari pihak PT. Global,” katanya kala itu.

Sementara pihak Kejagung telah memanggil beberapa pihak untuk dimintai keterangan terkait pembayaran utang Jembatan IV Palu. Mantan Walikota Palu Rusdy Mastura mengaku juga sudah memenuhi panggilan Kejagung. Kemudian Walikota Palu saat ini Hidayat juga mengaku telah diundang dan dimintai keterangan. Selanjutnya ketua DPRD Palu, Ishak Cae dan Ketua Komisi C DPRD Kota Palu Sofyan R Aswin juga telah dimintai keterangan Kejagung. Menurut Sofyan dia diperiksa penyidik Kejagung tujuh jam. Penyidik Kejagung kata Sofyan, menanyakan proses pembayaran utang Jembatan IV di saat Kota Palu baru saja dilanda bencana alam. (ron)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.