PN Donggala Minta Materi Gugatan Diperbaiki

Terkait Gugatan 26 Warga Donggala kepada 30 Anggota DPRD

- Periklanan -

DONGGALA – Sebanyak 26 orang perwakilan masyarakat Donggala dari berbagai kecamatan, melalui penasehat hukumnya Abdurrachman M. Kasim, SH. MH, telah mengajukan gugatan perdata class action terhadap 30 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Donggala, di Pengadilan Negeri (PN) Donggala, Selasa (27/7).

Setelah melalui tahap verifikasi, PN Donggala mengembalikan materi gugatan kepada kuasa hukum penggugat untuk diperbaiki. Hal ini disampaikan oleh Staf Pelayanan Perdata, Linda. Menurut Dia, setelah materi gugatan masuk di aplikasi e-court atau aplikasi pendaftaran gugatan, selanjutnya materi di verifikasi oleh Ketua Pengadilan bersama Wakil Pimpinan. Hasilnya, materi gugatan harus diperbaiki. “Setelah diverifiaksi, materi gugatan ternyata masih perlu diperbaiki. Bukan ditolak, tetapi diminta untuk diperbaiki,” sebutnya.

- Periklanan -

Materi gugatan itu telah diambil kembali oleh tim kuasa hukum penggugat pada Rabu (28/7) kemarin. Rencananya materi gugatan akan kembali dimasukan pada Kamis (29/7) hari ini. Hal ini disampaikan langsung oleh kuasa hukum penggugat, Abdurrachman M. Kasim.

Menurut Abdurrachman, ada materi yang kurang di dalam gugatan. Kekurangannya menyangkut subjek gugatan atau siapa-siapa saja tergugatnya. Adanya kekurangan di dalam materi gugatan menurut Abdurrachman merupakan hal biasa. “Ternyata masih ada kekurangan. Jadi supaya materi gugatannya sempurna, maka harus diperbaiki dulu agar pihak-pihak dan siapa-siapa saja tergugatnya bisa lebih jelas. Poin utama perbaikannya terkait subjeknya itu,” sebutnya.

Abdurrachman meluruskan adanya persepsi bahwa gugatan tersebut di tolak oleh PN Donggala. Menurut Dia, setiap gugatan masyarakat pasti diterima oleh pengadilan. Hanya saja pasti akan melalui tahap verifikasi. Jika ada kekurangan, maka materi gugatan akan dikembalikan untuk diperbaiki. “Yang terpenting gugatan ini sudah terdaftar. Hanya saja ada yang perlu diperbaiki. Jika tidak ada halangan, besok (Kamis (29/7) kami akan masukan kembali,” tandasnya. (ujs)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.