PMI Jamin Stok Darah Cukup

- Periklanan -

Ilustrasi (@jpnn.com)

PALU – Stok kantong darah yang tersedia di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Tengah Jalan Kartini, Kota Palu, saat ini tersisa 67 kantong. Jumlah itu diyakini masih mencukupi pada Ramadan hingga lebaran nanti. Menurut PMI, pasokan kantong darah agak berkurang selama Ramadan.

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Sulteng, dr Abdullah DHSM MKes, dihubungi Senin (12/6) kemarin mengatakan, meski jumlahnya tinggal 67 kantong, namun stok tersebut diyakini masih aman terkendali. Tidak ada masalah.

Berhubung siang hari selama Ramadan jarang yang melakukan donor darah, tapi PMI menyiasatinya dengan aktif mencari pendonor di malam hari. Caranya dengan berkunjung ke masjid-masjid di Kota Palu maupun luar Palu.

- Periklanan -

“Tidak beda jauh dengan tahun-tahun sebelumnya. Stok darah masih tercukupi pada Ramadan begini. Sudah tiga kali Ramadan tidak ada masalah dengan stok darah,”ujar Abdullah.

67 kantong darah terdiri dari, golongan darah B paling banyak yakni 50 kantong. Kemudian darah A sebanyak 12 kantong, darah O tersisa 2 kantong, dan darah AB stoknya 3 kantong lagi.

Untuk karantina darah yang belum diperiksa ada 50 kantong. Terdiri dari trombosit darah A sejumlah 4 kantong, darah B ada 9 kantong, darah O ada 11 kantong, dan darah AB 2 kantong.

“Persiapan darah titipan untuk keluarganya yang mau menjalani operasi, jumlahnya juga belasan kantong darah,”demikian Abdullah. (cr5)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.