PLN Berbagi Tips Berhemat Listrik

- Periklanan -

Ilustrasi (@bmzIMAGES)

PALU-Pihak PT PLN area Palu mengakui selama ini pelayanan yang diberikan kepada pelanggan belum sesuai dengan yang diharapkan. Salah satunya adalah masih adanya pemadaman bergilir yang dilakukan.

“Kami akui, kita berbeda dengan PLN di Jawa. Dengan kita sebagian besar masih menggunakan kabel. Ini yang menjadi salah satu penyebab korsleting, sehingga adanya pemadaman bergilir,” ujar Ronggur Simanjuntak, Asisten Manager Jaringan PT PLN (Persero) Area Palu, pada Dialog Pelanggan dan Pelaku Usaha, dalam rangka Hari Pelanggan, yang dilaksanakan YLK Sulteng, kemarin.

Menurutnya, pihak PLN Area Palu terus berupaya agar pemadaman bergilir ini bisa diminimalisir. Salah satunya, secara bertahap mulai dilakukan penggantian kabel.

Keluhan pelanggan yang juga sering diterima pihak PLN Area Palu adalah terkait dengan kenaikan nilai tagihan listrik. Hal ini, kata Ronggur, salah satunya penyebabnya adalah kebiasaan pelanggan dalam penggunaan listrik.

- Periklanan -

“Dalam penggunaan alat elektronik, kita masih boros listrik. Ini menyebabkan tagihan listrik naik,” ujar Ronggur.

Pada kesempatan ini, Ronggur berbagi beberapa tips hemat listrik dalam penggunaan berbagai macam peralatan elektronik. Seperti penggunaan setrika, dispenser, AC, mesin pompa air (Dab) dan berbagai peralatan elektronik lainnya.

“Setelah menggunakan setrika itu jangan langsung main cabut colokannya. Sebaiknya di-off-kan dulu pada saklar setrikanya, baru colokannya dicabut,” jelasnya.

Untuk mematikan AC, sebaiknya diset pada suhu tertinggi terlebih dahulu beberapa saat. Setelah itu AC-nya baru dimatikan. Sementara, untuk pengisian air ke dalam tandon menggunakan mesin pompa (dab), meminimalkan terjadinya kebocoran pada pipa air.

“Sebab, bila terjadi kebocoran pipa air itu akan menyerap banyak arus listrik,” jelas Ronggur singkat. (ars)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.