Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

PKB Klaim Signifikan di Kabupaten dan Provinsi

“Kerek” Suara di DPR RI

PALU – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengklaim dan mengumumkan perolehan kursinya untuk periode tugas 2019-2024, baik DPRD kabupaten dan kota, DPRD Provinsi (Sulteng), dan DPR RI. Pengumuman itu digelar dalam konfrensi pers, di Kota Palu, Senin malam (22/4).
Ketua DPW PKB H Amin Tahir SH, didampingi Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Risharyadi Triwibowo Timumun, dan Sekretaris DPW PKB Sulteng Irwanuddin, serta Wakil Ketua Rachmawati, mengumumkan hasil perhitungan suara di seluruh kabupaten dan kota yang saat ini menggelar rekapitulasi suara (C1 plano) di seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Sulteng.
“Pada malam ini kami akan mengumumkan hasil perhitungan suara internal partai kami PKB di seluruh Sulteng, baik untuk caleg DPRD kabupaten kota, DPRD Provinsi, hingga DPR RI. Siapa yang akan duduk, dan bagaimana hasilnya, pada malam ini akan kami umumkan, “ kata Amin Thahir.
Dia mulai dari DPRD kabupaten kota, yang perhitungannya valid karena melibatkan seluruh saksi dan relawan dari para caleg yang berpartisipasi dalam mengawal perhitungan suara di TPS sebanyak 9.192 yang ada di Sulteng. Perolehan kursi PKB untuk DPRD kabupaten kota adalah, Kabupaten Morowali Utara meraih 4 kursi, naik satu kursi.
Kemudian, Kabupaten Donggala 5 kursi. Kabupaten Buol 3 kursi. Kabupaten Tolitoli 1 kursi. Kabupaten Banggai 2 kursi. Kabupaten Banggai Kepulauan 2 kursi. Kabupaten Tojo Unauna 3 kursi. Kabupaten Morowali 3 kursi. Kota Palu 3 kursi. Kabupaten Banggai Laut 2 kursi. Kabupaten Sigi 2 kursi. Kabupaten Poso 2 kursi.
‘’Jadi jumlah total kursi yang diraih PKB adalah 36 kursi. Padahal pemilu 2014 lalu kita hanya meraih 29 kursi, “ tutur Amin Thahir.
Selanjutnya untuk DPRD Provinsi Sulteng, yang memiliki 6 Daerah Pemilihan (Dapil) kader PKB mendapatkan 6 kursi, atau satu kursi di setiap Dapil. “ Untuk DPRD provinsi PKB mendapat 6 kursi, terisi di setiap Dapil yang ada, “ ungkapnya.
Karena menaiknya perolehan kursi di seluruh DPRD kabupaten dan kota, begitu juga di DPRD Provinsi, sehingga memengaruhi perolehan suara bagi DPR RI. Di kursi DPR RI, PKB akan meraih satu kursi, satu kursi akan dipegang Caleg nomor urut 1 Risharyadi Triwibowo Timumun. “Alahamduilillah kita dapat satu kursi di DPR RI. Padahal sebelumnya kita tidak pernah dapat kursi di DPR RI, “ tandas Amin Thahir.
PKB juga akan mengurus semua kadernya yang sudah dipastikan meraih kursi di parlemen dengan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasn Korupsi (KPK). “ Insya Allah semua persyaratan untuk menjadi anggota DPR akan kami urus kelengakapannya, agar mereka bisa dilantik, “ pungkas Amin Thahir.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.