Pimpinan Perusahaan Diminta Waspadai Penyebaran Corona

- Periklanan -

PALU-Menyikapi isu penyebaran virus corona, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) telah mengeluarkan edaran yang ditujukan kepada seluruh pimpinan perusahaan yang berada di Provinsi Sulteng agar meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan untuk mencegah penyebaran virus ini di wilayah Sulteng.

“Sektor ketenagakerjaan harus mengantisipasi secara serius dan meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran penyakit tersebut,” sebut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Drs Arnold Firdaus Bandu MTP dalam edarannya yang diterima media ini, kemarin (27/1).

- Periklanan -

Ada lima poin yang menjadi perhatian serius Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulteng dalam menyikapi penyebaran virus asal Tiongkok ini. Yang pertama kata Arnold, seluruh perusahaan yang berada di Sulteng harus secara tertib dan patuh melaksanakan ketentuan Permenakertrans tentang Pemeriksaan Kesehatan Tenaga Kerja dan penyelenggaraan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), serta menerapkan Permenakertrans tentang Pelayanan Kesehatan Kerja sebagai bagian dari penerapan syarat-syarat keselamatan dan kesehatan kerja.

Poin kedua yang ditekankan Arnold ialah membina para buruh dan pekerja untuk melaksanakan langkah-langkah pencegahan dengan menjaga kebersihan lingkungan kerja, menjaga kebersihan tangan, menutup mulut saat bersin, serta menggunakan masker dan segera ke pelayanan kesehatan ketika mengalami gejala gangguan saluran pernafasan berupa demam, lemas, batuk kering dan sesak atau kesulitan bernafas.

“Ketiga, memberikan informasi kepada seluruh pekerja/buruh tentang kasus penyebaran penyakit virus corona di tempat kerja dan rencana kesiapsiagaan dalam menghadapi penyakit tersebut. Keempat, berkoordinasi dengan instansi terkait dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona di tempat kerja. Dan kelima, mendata serta melaporkan kepada instansi terkait setiap kasus yang patut diduga terjangkit virus corona,” tutupnya. (saf)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.