DAERAHPARIGI MOUTONGPERISTIWA

Pilkades untuk Pembelajaran Politik bagi Masyarakat

Yusuf, SP (FOTO: ISTIMEWA)
Melihat

PARIMO-Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) telah sukses menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada Juni tahun 2022. Diharapkan dalam perhelatan demokrasi ini masyarakat desa tidak terkotak-kotak apalagi memunculkan pertentangan. Semua bentuk pilihan pada akhirnya berakhir dengan manis, yaitu terpilihnya Kepala Desa (Kades) yang devinitif dan demokratis hasil pilihan rakyat desa itu sendiri.

Secara teoritis, Pilkades merupakan salah satu bentuk pesta demokrasi yang begitu merakyat. Pemilu tingkat desa ini merupakan ajang kompetisi politik yang begitu mengena kalau dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran politik bagi masyarakat. Pada momen ini, masyarakat yang akan menentukan siapa pemimpin desanya selama enam tahun ke depan.

Pilkades merupakan bagian dari proses kegiatan politik untuk memperkuat partisipasi masyarakat, sehingga diharapkan akan terjadi perubahan yang signifikan di tingkat pedesaan. Dalam pemilihan pemimpin desa yang harus diutamakan ialah tentang kapabilitas dari calon-calon pemimpin tersebut.

Sebanyak 97 desa di Kabupaten Parimo, telah menggelar Pilkades serentak. Pilkades serentak adalah amanat dari Pasal 31 ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang berbunyi, “Pemilihan Kepala Desa dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Kabupaten dan Kota”.

Pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Parimo mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) Parimo No.47 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Penetapan, Pengesahan, Pengangkatan, dan juga Pelantikan Kepala Desa.

Anggota DPRD Kabupaten Parimo dari partai Golkar, Yusuf, SP, mengatakan pemimpin yang dibutuhkan oleh masyarakat sekarang yakni seseorang yang memiliki akseptabilitas namun ditunjang oleh moral yang baik, memiliki kemampuan yang cukup untuk memimpin dan membimbing masyarakatnya dan juga memiliki kemampuan dalam melaksanakan tugas-tugas administratif dan perpolitikan, serta memiliki wawasan dan pandangan yang luas terhadap perbaikan masyarakat.

Selanjutnya, Yusuf mengimbau kepada masyarakat untuk menjahga keamanan dan ketertiban. Wujudkan kondusifitas wilayah serta menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, bahwa Pilkades di Kabupaten Parimo telah dilaksanakan dengan aman dan lancar.

“ Mari kita bersama menjaga keamanan, ketertiban dan kondusifitas wilayah kita pasca Pilkades serentak di bulan Juni 2022. Serta, menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, bagi pihak yang tidak menerima hasil dari Pilkades agar tetap taat hukum dan menempuh jalur hukum sesuai dengan aturan yang berlaku.(iwn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.