Pilkada Donggala 2018, KPU Anggarkan 30 Miliar

- Periklanan -

Ilustrasi (@jpnn.com)

DONGGALA-Setahun lagi, Kabupaten Donggala akan melaksanakan pemilihan pimpinan daerah secara serentak dengan beberapa daerah lainnya. Di awal tahun 2017 ini sudah mulai bermunculan sejumlah kandidat yang akan mencalonkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Donggala.

- Periklanan -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Donggala sebagai penanggungjawab utama pelaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) telah mempersiapkan diri. Bahkan, di Pilkada 2018 nanti, KPU Donggala telah menganggarkan dana sebesar Rp 30,4 miliar.

Hal itu diungkapkan Sekretaris KPU Donggala, Muhammad Yahya SH. Menurut Yahya, dari Rp 30,4 miliar tersebut saat ini sudah teralokasikan sebesar Rp 8,9 miliar. Sedangkan sisa anggaran dari jumlah keseluruhannya akan dialokasikan pada tahun 2018. Kata Yahya, berdasarkan undang-undang, voting day Pilkada Donggala akan dilaksanakan pada bulan Juni 2018. “Tapi tahapannya sudah dimulai sejak akhir tahun 2017. Oleh karena itu kita butuh anggaran untuk tahapan tersebut. Alhamdulillah, pada tahun 2017 ini sudah teralokasikan sebesar Rp 8,9 miliar, ” ungkapnya.

Ditahapan awal sendiri kata Yahya, kemungkinan sudah akan mulai dilakukan perekrutan-perekrutan badan adhoc. Kemudian akan dilakukan penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan sosialisiasi sekaligus penyuluhan dan sebagainya. Yahya mengakui memang belum ada tahapan secara resmi dari KPU pusat. Pasalnya semua tahapan tersebut dikeluarkan langsung oleh KPU pusat dan bukan lagi dari KPU daerah. “Kalau pilkada serentak ini tahapannya dari KPU pusat. Kita hanya pelaksana teknis saja. Kalaupun nantinya di akhir tahun 2017 sudah masuk dalam tahapan pencalonan, maka sebagian anggaran Rp 8,9 miliar itu juga kita akan gunakan untuk tahapan tersebut,” tandasnya.(ujs)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.