Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Petugas Kesehatan Haji Sulteng Dilepas

PALU-Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), dr Hj Reny Arniwaty Lamadjido SpPK MKes, melepas secara resmi 15 orang Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD) Sulteng, di ruang Kadis, Senin kemarin (22/7).

Tim kesehatan ini adalah pelaksana pengamanan kesehatan bagi jemaah haji Indonesia asal Sulteng selama di perjalanan dan di Arab Saudi. TKHD bertugas memeriksa kesehatan jasmani jamaah haji, membina kesehatan jamaah haji, melayani keluhan kesehatan jamaah haji, mengamati penyakit jamaah haji dan menyehatkan lingkungan di sekitar jamaah haji.

Pada kesempatan pelepasan kemarin, Kadis banyak berpesan agar para TKHD Sulteng yang dipimpin oleh dr Moh Ikbal menjaga kesehatan, keselamatan dan kekompakan. “Mohon kiranya jaga kesehatan kalian. Jangan lupa minum yang banyak dan rajin makan buah, “ kata dr Reny, memberi nasehatnya.

Sebab kerja tim kesehatan ini kata dia, sangat berat tapi mulia, karena itu harus penuh kosentrasi untuk menjaga para jamaah, bahkan kalau perlu sampai mengawal para jamaah yang berusia tua dengan sangat baik. “Tidak usah sungkan-sungkan sampai dalam kamar mandi, untuk meyakinkan bahwa jamaah itu terawasi dengan baik, dan terjaga,“ sebutnya.

Menurut Kadis, para petugas di tim kesehatan sangat memahami penyakit paling dominan jamaah di tanah suci adalah ISPA dan batuk. Tim juga sudah mempersiapkan obat yang akan dibawa, baik yang dibawa sendiri maupun yang sudah dipersiapkan di embarkasi haji.

Di akhir pesannya, Kadis meminta agar tim kesehatan Sulteng membawa nama baik daerah. “Tunjukan Sulteng Bangkit, ” serunya.

Sementara itu, Ketua TKHD Sulteng, dr Moh Ikbal, di saat pelepasan meminta restu dan doanya dari Kadis serta seluruh masyarakat Sulteng, agar mereka dapat menajalankan tugasnya dengan sangat baik, dan bisa kembali dengan selamat. “Kami minta restu dan doa dari ibu Kadis dan seluruh masyarakat Sulawesi Tengah, “ ucap Moh Ikbal.

Menurut Haji Budi, pejabat di Dinas Kesehatan Sulteng menjelaskan, dari data yang ada, TKHD Sulteng sebanyak 15 orang, terdiri dari 5 orang dokter dan 10 orang perawat. Mereka berangkat sesuai jadwal keberangkatan kelompok terbang (kloter) Jamah Calon Haji (JHC) Sulteng, dimulai kloter 7 yang akan memasuki asrama haji pada 24 Juli, dan akan berangkat keesokan harinya, hingga kloter terakhir, kloter 11 embarkasi Balikpapan.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.