PERISTIWAPOLITIKASULTENG

Peta Politik di Buol Akan Berubah, Setelah Amran Batalipu Bebas

Wahid Tarim (FOTO : MUCHSIN SIRADJUDIN/RADAR SULTENG)
Dilihat

PALU-Peta politik di Kabupaten Buol akan berubah di 2024, apabila mantan Bupati Buol H. Amran Batalipu bisa ikut Pilkada.

“ Yah, saya melihat peta politik di Kabupaten Buol akan berubah, apabila mantan Bupati Buol H. Amran Batalipu yang sekarang sudah bebas kembali lagi ke gelanggang politik, dan bisa ikut Pilkada, “ kata tokoh pemuda Buol yang sekarang bermukim di Kota Palu, Wahid Tarim, kepada Radar Sulteng, Kamis (14/4).

Menurut analisis politik Wahid Tarim, kekuatan H. Amran Batalipu adalah ketika berhasil membangun infrastruktur di Kabupaten Buol saat menjabat sebagai Bupati Buol periode 2007-2012. “ Kekuatan beliau, karena beliau berhasil membangun infrastruktur di Kabupaten Buol selama menjabat, “ paparnya.

Prakiraan ini bisa benar terjadi, dengan catatan, kata Wahid Tarim, apabila pengadilan tidak mencabut hak politik H. Amran Batalipu. Maka situasi politik Kabupaten Buol akan semakin bergairah. Tidak jauh beda dengan Pilkada Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Masih, yang juga pernah tersandung kasus hukum, tetapi begitu semua persyaratannya untuk mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah dinyatakan lulus, dia bertarung dan menang, hingga menjadi Gubernur di Sultra.

Wahid juga, menunggu kiprah Amran Batalipu setelah bebas dari hukumannya, apakah kembali ke gelanggang politik atau bagaimana. Sebab, salah satu tolok ukur, kecintaan warga masyarakat di Kabupaten Buol masih sangat tinggi terhadap figur Amran Batalipu yang dijuluki Bapak Pembangunan Kabupaten Buol, dan patut diingat ini fakta, dia masih dielu-elukan warga Buol.

“ Kami juga masih menantikan bagaimana kiprah politik pak Amran Batalipu selanjutnya. Tetap di arus politik atau beliau hanya menjadi seorang penonton di kontestasi Pemilu 2024. Namun, saya melihat tipikal pak Amran adalah seorang petarung, dan sekitar 95 persen beliau memiliki darah DNA-nya berwarna politik. Artinya, pak Amran masih akan bermain di panggung politik yang membesarkan namanya, “ pungkas Wahid.(mch)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.