Peserta UN SMP Tahun Ini Capai 5.370 Siswa

- Periklanan -

Ilustrasi (@jawapos.com)

PALU – Ujian Nasional (UN) tahun 2017 untuk jenjang SMP yang akan diselenggarakan pada 2 Mei mendatang, akan dibagi menjadi dua jenis. Yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Untuk peserta UNBK, akan diikuti 827 peserta dari 4 sekolah. Sedangkan peserta UNKP berjumlah 4.543 peserta dari 45 SMP, baik negeri maupun swasta.

“Pelaksanan UNBK jenjang SMP ada 4 sekolah, SMPN 1 Palu, SMP Al Azhar Palu, SMPN Model Madani, dan SMP Karuna Dipa Palu,” tutur Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palu, Agussalim Abdullah SPd kepada media ini di ruang kerjanya kemarin (28/4).

Agussalim menerangkan, untuk yang melaksanakan UNBK, pihaknya sudah berkonsultasi dengan pihak PLN Area Palu terkait kesiapan PLN pada saat ujian berlangsung. Namun sekali pun sudah melakukan konsultasi dengan PLN perihal tersebut, Agussalim menegaskan setiap sekolah pelaksana UNBK sudah siap dengan genset masing-masing.

- Periklanan -

“Setiap sekolah yang menyelenggarakan UNBK, sudah siapkan genset masing-masing,” terangnya.

Sementara untuk UNKP, Agussalim menjelaskan bahwa soal ujian sedang didistribusikan dan akan disimpan pada masing-masing sub rayon hingga menjelang pelaksanaan UNKP dilaksanakan. “Untuk SMP ada 6  sub rayon. Pada saat hari H pelaksanaan UN, soalnya akan langsung didistribusikan ke masing-masing sekolah,” tandasnya.

Terkait pengawasan dan keamanan soal UN, Agussalim menjamin hal tersebut. Pasalnya kata dia, soal tersebut juga akan diawasi dua orang dari Kepolisian dan seorang Satpol PP.

“Pasti soalnya aman. Kita berpikiran positif saja,” tambahnya.

Dalam penyelenggaraan UN nanti, akan ada perbedaan jadwal antara pelaksanaan UNKP dan UNBK. Untuk UNBK, akan dilaksanakan lebih awal, yakni pada pukul 7.30, sedangkan UNKP baru akan dimulai pada pukul 10.30. Pelaksanaan UN kali ini, akan dilaksanakan pada 2,3,4, dan 8 Mei. “UNBK lebih lama waktunya akan ada beberapa sesi. Sehingga dilaksanakan lebih awal,” pungkasnya. (saf)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.