Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Peserta Sertifikasi Tatalogam Ujian Praktek

PALU – Peserta sertifikasi baja ringan yang diadakan PT Tatalogam Lestasi, di hari kedua kegiatan melaksanakan ujian praktek pemasangan baja ringan untuk atap rumah dan ujian tertulis, bertempat di Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulteng, Kamis (8/8). Dari Pantauan Radar Sulteng, 75 peserta sertifikasi baja ringan yang diadakan Tatalogam Lestari sangat bersemangat mengikuti ujian demi ujian, mulai dari ujian tertulis hingga ujian praktek.
Yang sangat ditunggu peserta dan menjadi poin utama adalah ujian parektek pemasangan baja, disini diketahui kemampuan tukang sebenarnya, dan dinilai langsung oleh asesor handal Sulteng. Dua asesor yang menilai para tukang yaitu Agus Nain dan James Martianus.
Saat diwawancara James Martianus mengungkapkan, penilaian yang dilakukan yaitu pertama tentang pengetahuan tentang baja ringan, bagaimana cara membuat, persyaratannya bagaimana, jarak baut, cara menyambung secara umum, kedua praktek karena dilihat keterampilan untuk merakit dengan waktu yang telah ditentukan panitia, kerapian, kecepatan dan keersihan.
“Ini penting karena apa yang telah dikerjakan harus tahu meletakan sampahnya di mana, karena sampah tajam harus disingkirkan dari lokasi bekerja,” ucapnya.
Penilaian ketiga adalah etika, perilaku tukang dinilai dari pakaian, bertutur bahasa, saat kerja dilihatkan kesebaran, ketelitian, ketepatan membuat ukuran dan lainnya. Menurutnya jika ketiga poin penilaian bagus, asesor bisa rekomendasikan untuk tenaga terampil tingkat tiga dan dapatkan sertifikat.
Sertifikat yang dimiliki menunjukan bahwa tukang atau tenaga terampil yang bisa digunakan diproyek-proyek besar, karena saat ini proyek mensyaratkan tukang yang mngerjakan harus bersertifikat. “Pekerjaan tukang bukan paling rendah, dan tidak bisa dikatakan pekerjaan rendah karena mereka adalah pekerja yang memiliki keterampilan,” ucapnya. (umr)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.