Peserta Pelantikan Kepala Daerah Hanya 25 Orang

Gubernur Tegaskan Pelantikan Virtual Usai Salat Jumat

- Periklanan -

PALU – Selain proses pelantikan digelar jarak jauh, Mendagri mensyaratkan undangan dan kepala daerah yang dilantik hanya diperkenankan 25 orang. Hal ini tertuang dalam surat mendagri yang bertujuan menghindari adanya kluster baru pelantikan kepala daerah dan upaya memutus mata-rantai penyebaran virus corona.

‘’Jumlah para pihak hadir di tempat pelantikan di kabupaten/kota paling banyak 25 orang, termasuk kepala daerah yang akan dilantik dan keluarga inti (Istri dan anak), forkopimda dengan memperhatikan physical distancing atau protokol kesehatan ketat,’’ terang Kepala Biro Humas melalui Kabag Protokol, Eddy Nicolas Lesnusa, dalam rapat koordnasi terkait tatacara pelantikan, mengacu edaran Mendagri bersama kabupaten/kota kemarin.

Kabag Protokol yang mempimpin Rakor divirtual dari Ruang Sekda menjelaskan, sebagaimana surat mendagri, kepala daerah yang akan dilantik di masing-masing kabupaten/kota, telah menggunakan pakaian dan atribut lengkap (PDUB) didampingi rohaniawan.
‘’Untuk kelengkapan acara seperti protokol pemandu acara, pembacaan doa, berada di ibukota provinsi bersama gubernur, selaku pejabat yang melantik,’’ terangnya.

- Periklanan -

Untuk penandatanganan berita acara sumpah dan pakta integritas dilakukan kepala daerah yang dilantik dan selanjutnya dikirimkan kepada pemerintah provinsi untuk ditandatangani gubernur.

Hasil Rakor selajutnya dilaporkan kepada Gubernur. Eddy Lesnusa menyampaikan, Gubernur telah menyetujui pelaksanaan pelantikan melalui virtual. Terkait hal itu, Gubernur juga akan menyurat kepada kabupaten/kota menguatkan surat mendagri nomor 131/996/OTD.

‘’Gubernur menegaskan pelantikan mengacu pada surat mendagri, dengan penerapan protokol kesehatan. Kepala daerah yang akan dilantik berada di daerah masing-masing,’’ jelasnya, usai menghadap Gubernur didampingi Kabag Humas, Adiman.
Terkait waktu pelaksanaan pelantikan lanjut Eddy Lesnusa Gubernur menjadwalkan usai salat Jumat, pukul 14.00 wita.(awl)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.