Pertengahan Januari, Gaji PNS Poso Belum Dibayar

- Periklanan -

Ilustrasi (@jpnn.com)

POSO – Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintahan Kabupaten Poso mulai resah dan sebagian mengaku tak lagi konsentrasi dalam bekerja. Penyebabnya karena gaji Januari hingga Kamis (12/1) belum dibayar.

Kegalauan PNS makin bertambah menyusul beredarnya kabar bahwa gaji Januari baru akan dibayar setelah pelantikan pejabat eselon III dan IV dalam struktur baru pemerintahan daerah dilakukan.  Sementara waktu pelantikan pejabat belum dipastikan hari dan tanggalnya.

“Adoh… Inga-inga torang penasib ini le. Torang ini cuma pegawai biasa, staf, yang tidak ada sumber pendapatan lain selain dari gaji. Kalu gaji so tidak dibayar-bayar begini, mo makan apa anak istri di rumah,” sebut salah seorang PNS seperti dilansir di harian umum Radar Sulteng, Jumat (13/1).

Menurut beberapa PNS yang enggan disebutkan namanya, belum dibayarnya gaji beban hidup terasa semakin berat. Karena gaji bukan cuma sekadar untuk memenuhi kebutuhan dapur (makan-minum), tapi juga untuk menanggung kebutuhan lain, semisal biaya sekolah anak dan tagihan kredit kendaraan.

“Kalau untuk makan mungkin masih bisa numpang atau minta sama orang tua. Tapi tidak mungkin lah mo minta sama orang tua atau keluarga kalau untuk bayar sekolah/kuliah anak,” tukasnya.

- Periklanan -

Bagaimana jika benar gaji baru akan dibayar jika sudah pelantikan pejabat eselon IV dam III? Para PNS sangat menyayangkannya. Harusnya, kata mereka, yang ditunda pembayarannya  bukan gaji, tapi tunjangan.

“Bayar saja gaji pokoknya. Kalau tunjangan ya tunggu saja nanti kalau masih dapat jabatan dan dilantik,” ujar mereka lagi.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Poso, Noli Tandawuya SH membenarkan jika gaji PNS Poso belum dibayar. Tapi dia membantah jika pembayarannya menunggu pelantikan pejabat eselon IV dan III pada struktur pemerintahan baru selesai dilakukan.

“Tidak benar gaji dibayar nanti sudah pelantikan,” jelasnya.

Bahkan kata mantan staf ahli Bidang Hukum ini, gaji PNS sudah akan dibayar Jumat. “Besok (Jumat) PNS sudah gajian. Karena hari ini (kemarin) bendahara-bendahara SKPD sudah memasukan SPUM,” klaim Noli.

Dirinya pun membantah belum dibayarkannya gaji PNS karena dana gaji dialihkan untuk membayar kebutuhan belanja daerah yang lain.

“Tidak benar dana gaji dialihkan untuk keperluan lain. Saya tidak berani dan tidak akan mungkin lakukan itu,” demikian Noli. (bud)

 

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.