Permudah Masyarakat Mengakses Informasi Produk Hukum Pemerintah

- Periklanan -

FOTO: MOH.FAISAL/RADAR SULTENG
LAPORAN: Kabag Hukum Pemkab Morowali Bahdin Baid, saat menyampaikan
laporannya dalam launching website bagian hukum Jumat kemarin (30/11).

MOROWALI – Usai melaksanakan Diklatpim tingkat III 2018 di Provinsi Sulawesi Tenggara, Bagian Hukum Sekretariat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali langsung melaksanakan kewajibannya dengan membuat satu inovasi proyek perubahan yang bertujuan untuk memajukan organisasi dimana peserta Diklatpim bertugas.

Inovasi proyek perubahan yang dirancang bagian Hukum Sekretariat Pemkab Morowali tersebut yakni, membuat suatu website yang nantinya berisi seluruh produk hukum Pemkab Morowali. Untuk memulai inovasi itu, Kabag Hukum Sekretariat Morowali Bahdin Baid menggelar kagiatan launching Website.

Dalam kegiatan launching ini, dibuka langsung oleh Bupati Morowali Drs Taslim, para Kepala OPD lingkup Pemkab Morowali dan beberapa pegawai yang berkaitan dengan Hukum di Pemerintahan Morowali.
Pada laporannya, Kabag Hukum Pemkab Morowali Bahdin Baid menyampaikan bahwa pembuatan Website ini dilakukan sebagai bentuk tindaklanjut atas teridentifikasinya beberapa masalah pelayanan publik dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang melekat pada bagian hukum.

“Berdasarkan hasil pengamatan kami selama bertugas di Bagian Hukum, pendokumentasian terhadap produk hukum daerah masih bersifat manual. Dalam artian bahwa OPD dan lembaga pemerintahan lainnya serta masyarakat ketika membutuhkan informasi produk hukum daerah, harus dilakukan pencarian dokumen yang mana membutuhkan waktu yang lama ditambah lagi kelestarian dokumen yang tidak terjamin. Hal inilah yang mendorong kami mengambil inovasi atau trobosan pembuatan Website jaringan dokumentasi dan informasi hukum, dengan tujuan lebih memudahkan dan mempercepat setiap OPD atau masyarakat dalam mengakses informasi tentang produk hukum Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali,”jelasnya.

- Periklanan -

Selain menggunakan sistem Website dalam pengelolaan pendokumentasian produk hukum daerah, Bahdin Baid mengatakan bahwa pihaknya juga menggunakan sistem katalog dan sistem mandiri. Dalam pengelolaannya, Bahdin menyatakan pihaknya membutuhkan 3 unit komputer dan satu unit alat scanner.

“Kebutuhan tersebut, Bagian Hukum telah mengajukan untuk penganggarannya pada APBD tahun 2019. Harapan kami, pengajuan itu direaliasasi. Jika itu direalisasi, maka saya dan teman-teman akan bekerja keras agar pada pertengahan tahun 2019 seluruh produk hukum Daerah Morowali mulai tahun 2000 sampai tahun 2019 bisa diakses di Website,”ungkapnya.

Diakhir laporannya, Bahdin Baid menjelaskan bahwa alamat situs Website JDIH Kabupaten Morowali ketika pertamakali dibuat dan onilne pada 23 Novemver 2018 lalu bernama www.jdih.morowalikab.go.id dan telah terintegrasi dengan JDIHN yang dikelola oleh BPHN Kemenkumham RI pada 28 November 2018 belum lama ini.

“Website JDIH Kabupaten Morowali telah memenuhi persyaratan content dasar sebua website JDIH sebagaimana ditetapkan dalam Permenkumham nomor 2 tahun 2013 tentang standarisasi pengelolaan teknis JDIH dengan dilengkapi bermacam fitur. Adapaun anggaran dalam pelaksanaaan kegiatan pembuatan dan launching website JDIH Morowali bersumber dari reformer,”ujarnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Morowali Taslim mengatakan dengan adanya Website JDIH Pemkab Morowali yang merupakan proyek perubahan peserta Diklatpim ini diharapkan tugas mengendalikan dokumentasi dan layanan produk hukum daerah sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku oleh Bagian Hukum dapat terlaksana dengan baik.

“Kita berharap, peserta Diklatpim kedepannya mampu mengidentifikasi kekurangan dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan tugas pelayanan kepada masyarakat disetiap perangkat daerah. Hal ini perlu menjadi perhatian bagi peserta yang akan mengikuti Diklatpim dengan menggunakan dana APBD, sehingga keikutsertaan ASN tersebut dapat melahirkan inovasi-inovasi baru di Kabupaten Morowali dan tidak sekadar untuk menggugurkan kewajiban dalam menduduki jabatan strukturan di Pemerintahan,”harapnya.(fcb/adv)

 

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.