Peringati Hari Bumi, Komunitas ABS Palu Kembali Aksi Bersihkan Sampah

- Periklanan -

Keinginan dan harapan Palu menjadi salah satu kota destinasi wisata, sulit akan terwujud, jika masyarakatnya belum mau peduli terhadap lingkungannya. Sampah yang masih banyak berserakan, merupakan kendala utama untuk mewujudkan harapan itu. Keprihatinan itulah yang menjadi salah satu dorongan, komunitas Aksi Bersih “Solidaritas”, menggelar aksi membersihkan sampah, utamanya di titik-titik yang menjadi sasaran pelancong. Seperti halnya yang dilakukan, dalam rangka memperingati Hari Bumi 2018, Minggu kemarin.

Laporan: ABDUL HANIF

Aksi bersih sampah di sekitar Masjid Terapung yang dilakukan beberapa komunitas, dan personel TNI-AD, dalam rangka peringatan Hari Bumi (Earth Day), Minggu kemarin (22/4). (Foto: Hanif)

SETIAP 22 April, diperingati sebagai Hari Bumi. Berbagai komunitas atau kelompok masyarakat, merayakannya dengan caranya sendiri. Ada yang menggelar aksi, sambil membagikan bibit pohon. Ada yang menanam mangrove, dan ada pula yang “hanya” sekadar menulis status, sembari menempelkan foto profilnya dengan bingkai yang disiapkan khusus oleh Facebook, dalam rangka hari bumi kemarin.

Namun komunitas Aksi Bersih “Solidaritas” (ABS) Kota Palu, mencoba untuk melakukan aksi nyata, dalam merayakan hari Bumi tahun ini. Komunitas yang sudah beberapa kali turun melakukan aksi bersih ini,  kembali turun melakukan aksi bersih lingkungan. Sasarannya, pantai di sekitar Masjid Terapung, Kelurahan Lere. Aksi bersih yang dilakukan ABS ini, dalam rangka Hari Bumi (Earth Day), yang saban 22 April diperingati di seluruh dunia.

Dalam aksinya, Minggu kemarin (22/4), komunitas ABS tidak sendiri. Turut melakukan aksi bersih pantai, personel TNI-AD, Satgas K5, beberapa kelompok dan komunitas lainnya, serta masyarakat umum. Juga hadir dan ikut bersama masyarakat membersihkan sampah, Camat Palu Barat dan Lurah Lere. Aksi bersih dimulakan pukul 06.30 dan berakhir hingga menjelang pukul 10.00.

Kalsum Radjamuda, salah satu penggerak di komunitas ABS Kota Palu, mengaku bangga dan sangat memberikan apresiasinya dengan kegiatan aksi bersih pantai, dalam rangka hari Bumi Minggu kemarin (22/4).

Kalsum, mengaku bangga, karena banyak pihak yang ikut ambil bagian dalam aksi-aksi bersih di pantai sekitaran Masjid Terapung tersebut.

- Periklanan -

“Bahkan Pak Camat dan Pak Lurah, serta beberapa pejabat dari Pemkot, juga ikut dalam aksi bersih-bersih. Kami juga bangga, dan terima kasih atas partisipasi dari Bapak-bapak TNI,”kata Kalsum ditemui saat memungut sampah.

Menurut Kalsum Radjamuda, bahwa komunitas ABS Kota Palu, hampir setiap pekan menggelar aksi bersih-bersih lingkungan, namun di lokasi yang berbeda-beda. Namun yang dipilih, adalah titik destinasi wisata. Seperti halnya, dalam aksi dalam rangka peringatan Hari Bumi kemarin, lokasi yang dipilih menjadi tempat lokasi bersih-bersih adalah masjid terapung, yang merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Palu.

“Hampir setiap sore, tempat ini ramai. Setiap ada orang yang dari luar Palu datang ke Kota Palu, pasti datang ke masjid ini. Yang Muslim, pasti menyempatkan waktu untuk salat di masjid ini, bagi yang non muslim, singgah walau hanya sekadar foto-foto. Makanya, mestinya kita malu, kalau ada yang datang dan lihat banyak sampahnya,”kata Kalsum.

Sebelum melakukan aksi bersih pantai, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Palu, Drs Sumardi, MSi, mewakili Wali Kota Palu, memberikan sepatah kata.

Menurutnya, aksi bersih pantai, dalam rangka hari bumi, patut diapresiasi. Kata Sumardi, perlu kepedulian semua pihak, untuk mewujudkan Palu, menjadi kota yang bersih dan benar-benar bebas sampah.

“Tanpa kepedulian dari masyarakat, kita tidak bisa mewujudkan Palu menjadi kota yang bersih, tanpa kepedulian dan partisipasi seluruh lapisan masyarakat. Sebab menciptakan kota yang bersih, bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah, tapi tanggung jawab kita semua, sebab kota ini, adalah milik kita bersama,”katanya lagi.

Kabid Pengelolaan Sampah dan B3, Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu, Muh Ikbal SH, MH, menambahkan bahwa pesan penting dari aksi peduli dan bersih sampah, dalam rangka peringatan Hari Bumi kemarin, untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet Bumi, tempat tinggal seluruh manusia.

“Hari bumi, merupakan kampanye untuk mengajak orang agar peduli terhadap lingkungan hidup. Kita harapkan gerakan seperti ini, menjadi sebuah gerakan yang mengglobal dan makin meningkatkan kesadaran kita semua, tentang pentingnya menjaga Bumi, karena merupakan rumah kita bersama,”kata Muh Ikbal, yang turut aktif memungut sampah dan mengarahkan peserta aksi peduli kemarin.(**)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.