Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Perdana, Kapal Tongkang Sandar di Pelabuhan Donggala

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Kapal tongkang membongkar muatan di pelabuhan Donggala, Rabu (1/3). (Foto: Ujang Suganda)

DONGGALA – Banyak isu yang beredar bahwa pelabuhan Donggala baru tak bisa digunakan untuk sandaran kapal-kapal besar dengan bobot yang besar. Namun hal itu ditepis saat satu unit kapal jenis tongkang berkuran jumbo sandar di pelabuhan Donggala, Rabu (1/3) kemarin.

Tongkang yang ditarik menggunakan dua kapal Tugboat itu berbobot sekitar 12 ribu ton. Pasalnya tongkang tersebut mengangkut 8000 tiang listrik yang terbuat dari beton. Tongkang tersebut sukses sandar dengn sempurna di pelabuhan sampai dengan membongkar muatan.

Sandarnya tongkang itu seakan menjadi hal yang baru dilihat masyarakat Donggala sekitar pelabuhan. Pasalnya tak sedikit masyarakat yang antusias ingin melihat lebih dekat tongkang tersebut. tak sedikit pula bocah-bocah yang datang sembari bermain di sekitar pelabuhan.

Menurut Salah seorang petugas Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Donggala, Ridwan, sandarnya kapal tongkang jumbo itu menjadi bukti bahwa pelabuhan Donggala bisa menampung kapal besar. Bobot dan besar kapal diyakini setengah dari besar kapal Pelni. “Ada masyarakat bilang tidak bisa digunakan, tapi ini buktinya kalau kapal dengan bobot besar bisa sandar di sini,” terangnya.

Menurut Ridwan, sandarnya kapal tongkang dengan bobot berat tesebut menjadi pertama kalinya di pelabuhan baru Donggala yang selesai dibangun pada 2013 lalu. “Ini perdana kapal besar sandar di pelabuhan donggala,” tambahnya. (ujs)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.