Peran Nyata BI Dukung Generasi Penerus Bangsa

- Periklanan -

PALU – Sebagaimana yang tercermin dalam semangat “Ada di Setiap Makna Indonesia”, kontribusi Bank Indonesia tidak hanya terbatas pada kebijakan moneter, namun Bank Indonesia juga memberikan perhatian kepada seluruh aspek kesejahteraan masyarakat termasuk dalam hal pendidikan. Melalui program Indonesia Cerdas, BI mewujudkan kepeduliannya terhadap peningkatan kualitas pengetahuan dan pengembangan kemampuan generasi muda sebagai modal kemajuan bangsa.

Salah satu bentuk implementasi program Indonesia Cerdas adalah melalui BI Corner (BIC), sebuah fasilitas pojok baca dengan desain yang menarik dan nyaman, serta menyediakan akses informasi dan literatur berkualitas, baik dalam bentuk cetak maupun e-book dari dalam dan luar negeri. Koleksi buku yang tersedia pada BIC tidak hanya terbatas pada topik ekonomi dan perbankan namun juga menyediakan buku-buku sains, teknologi, bisnis, sosial, dll.

Setiap BIC disertai dengan PC yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk menjelajah internet dan mengakses informasi lebih jauh. Selain itu BIC juga menyediakan berbagai program aktivitas sebagai sarana pembelajaran dan pusat penelitian bagi mahasiswa/pelajar dan masyarakat umum. Pada tahun 2020, ditargetkan BI dapat memfasilitasi 1000 BI Corner kepada Perguruan Tinggi, fasilitas publik, SMA/Sederajat dan PAUD/TK/Raudhatul Athfal di seluruh nusantara.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah sendiri telah menghadirkan 13 BIC dengan nominal Rp100.000.000 untuk masing masing unit. 13 BIC tersebut tersebar diberbagai kabupaten di Sulawesi Tengah tepatnya di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah (Palu), Universitas Tadulako (Palu), Institur Agama Islam Negeri (Palu), Universitas Alkhairaat (Palu), Universitas Muhammadiyah (Palu), SMAN 3 Palu, Universitas Sintuwu Maroso (Poso), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Tojo Una-una, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Parigi Moutong, Universitas Tompotika (Banggai), SMAN 1 Biau (Buol), SMAN 1 Tolitoli, serta SMAN 1 Petasia (Morowali Utara).

 

Selain itu BI juga menyediakan Pojok Baca dan Dongeng (PBD) yang merupakan pojok baca yang dikhususkan bagi PAUD/TK dengan perkiraan biaya Rp20.000.000 untuk tiap unit. Sementara ini PBD baru tersedia di kota Palu yaitu pada PAUD Mutiara Hati, PAUD Tunas Rimba, dan TK Pertiwi. Untuk kedepannya KPw BI Sulawesi Tengah akan terus mengembakan dan menyeleksi calon calon penerima fasilitas BIC ataupun PBD sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

- Periklanan -

Kontribusi nyata Bank Indonesia dalam dunia pendidikan juga diwujudkan dalam bentuk pemberian beasiswa pengembangan diri untuk mahasiswa pada PTN/PTS yang telah bekerja sama dengan Bank Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Generasi Baru Indonesia (GenBI). Selain mendapatkan bantuan biaya pendidikan, penerima beasiswa juga difasilitasi oleh berbagai program pengembangan diri mulai dari pemberian materi seputar kebanksentralan, perkembangan ekonomi digital, serta pelatihan kepemimpinan, komunikasi dan soft skill lainnya.

Universitas Tadulako dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Datokarama Palu merupakan PTN yang terpilih menjadi penerima beasiswa GenBI di Sulawesi Tengah. Selain itu pada tahun 2019, Universitas Alkhairaat Palu baru saja terpilih untuk mendapatkan beasiswa GenBI sekaligus menjadi PTS pertama yang menerima beasiswa ini di Sulawesi Tengah. Total bantuan beasiswa yang diberikan KPw BI Sulawesi Tengah pada tahun 2019 adalah sebesar 1,5 Milyar Rupiah.

GenBI sendiri menjadi wadah bagi para penerima beasiswa dalam berorganisasi, bertukar pikiran dan memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan melaksanakan berbagai kegiatan sosial. Terdapat sederetan kegiatan yang telah dilakukan oleh GenBI Sulteng dan terbukti bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Satu diantaranya adalah GenBI Funcamp di Lembah Napu Lore Lindu. Dalam kegiatan tersebut GenBI berinisiatif menyediakan tong sampah dan memasang berbagai tanda penunjuk bagi wisatawan yang sedang berwisata di daerah tersebut. Kegiatan tersebut mendapat banyak sambutan positif dari masyarakat melalui sosial media. Selain itu GenBI Sulteng juga aktif melaksanakan kegiatan sosialisasi terkait ciri keaslian uang rupiah dan kampanye cinta rupiah, memberikan santunan kepada panti asuhan, dan korban bencana banjir bandang di Sigi, melakukan aksi kebersihan pada daerah bekas bencana serta melakukan kegiatan menanam bakau di daerah pesisir pantai.

Tidak berhenti di situ, GenBI Sulteng juga rajin menyumbangkan prestasi yang membanggakan. Pada Leadership Camp GenBI tingkat Nasional tahun 2018 salah satu perwakilan GenBI Sulteng terpilih menjadi peserta terbaik dalam kegiatan tersebut, Lebih lanjut pada Leadership Camp GenBI tingkat Nasional tahun 2019 kembali perwakilan GenBI Sulawesi Tengah berhasil memboyong penghargaan sebagai ketua dari kelompok terbaik pada ajang tersebut. Bercermin dari hal tersebut tentu kita semua berharap GenBI Sulteng dapat mnejadi tumbuh menjadi calon-calon pemimpin unggul untuk generasi penerus Sulawesi Tengah.

Program Indonesia Cerdas sendiri merupakan bagian dari Program Sosial Bank Indonesia yang secara umum meliputi ruang lingkup yang lebih luas seperti pengembangan kapasitas ekonomi masyarakat, partisipasi edukasi publk, keagamaan, penanggulangan bencana, kesehatan, lingkungan hidup, seni budaya dan pendidikan. Sepanjang tahun 2019 KPw BI Sulawesi Tengah telah menyalurkan bantuan dengan nominal sekitar Rp. 3,5 Milyar. PSBI bukan hanya sebagai wujud filantropi lembaga, namun PSBI juga merupakan upaya BI dalam memperbaiki nilai-nilai ekonomi, sosial dan lingkungan di masyarakat (value creation) melalui pemberdayan berkelanjutan dan bantuan yang tepat guna. (adv)

Bank Indonesia di Setiap Makna Sulawesi Tengah

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.