Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Penumpang Pesawat Tembus 2.100 Orang  per Hari

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Kepala Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu (tengah) saat memantau Posko mudik Natal dan Tahun Baru di bandara Mutiara Sis Aljufri, Rabu (20/12). (Foto: Rony Sandhi)

PALU – Seperti tahun-tahun sebelumnya jelang hari besar keagamaan Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru di seluruh Bandara di Indonesia menyiapkan Posko Mudik. Di Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu, Posko mudik Natal dan Tahun Baru sudah mulai dibuka  sejak, Selasa (19/12) hingga H+7 Tahun Baru 2018.

Kepala Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Benyamin Noach Apituley, mengatakan posko mudik Natal dan Tahun Baru merupakan gabungan beberapa dinas terkait, selain petugas bandara ada dari dinas Perindustrian, Dinas Kesehatan, Karantina, Jasa Raharja dan Dinas terkait lainnya.

Menurut Benyamin, posko bandara merupakan sumber informasi penumpang pesawat, jika ada kendala-kendala yang dihadapi, termasuk informasi jadwal penerbangan, ketersediaan sit pesawat dan lain-lain. Termasuk pembelian tiket yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Jangan sampai nanti ada penumpang yang membeli tiket di luar ketentuan yang berlaku. Juga kemungkinan-kemungkinan yang lain misalnya berkaitan dengan pelayanan penumpang ,” ujarnya.

Benyamin menjelaskan, menjelang libur Natal dan Tahun Baru, imbauan kepada masyarakat melalui banner untuk membeli tiket di tempat-tempat penjualan yang wajar bukan pada calo. Juga kepada pihak maskapai dan travel-travel dianjurkan jangan menjual tiket di atas harga yang sudah ditentukan. “Kami dari pihak bandara mengawasi penjualan tiket pesawat. Jika ditemukan ada yang melanggar ketentuan, laporan dan bukti-bukti akan disampaikan ke pusat untuk diberikan sanksi,” terangnya.

Sejak ada beberapa ivent-ivent di Sulawesi Tengah salah satunya ivent Tour and Celebes, jumlah penumpang pesawat di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu mengalami kenaikan, rata-rata mencapai 2.000 penumpang per hari. Beberapa hari terakhir ini meningkat lagi sekitar 2.100 penumpang per hari. “Saat ini saja H-5 Natal kenaikan jumlah penumpang bisa sampai 5 persen dari hari biasanya,” katanya.

Tahun sebelumnya 2016 lalu, urai Benyamin jumlah peningkatan penumpang khusus mudik Natal dan Tahun Baru sekitar 10 sampai 15 persen. Diprediksi tahun 2017 ini akan ada peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. “Penumpang yang keluar Palu liburan Natal dan Tahun Baru didominasi penumpang tujuan, Jakarta, Surabaya dan Makassar,” sambungnya.

Benyamin menambahkan, untuk memenuhi permintaan masyarakat yang terus mengalami peningkatan penumpang, Bandara Mutiara Sis Al Jufri menambah pesawat jenis ATR 72 seri 600 Garuda Indonesia rute Palu-Luwuk dengan jadwal penerbangan Selasa, Kamis, Sabtu. “Rencananya pada tanggal 23 Desember 2017, Maskapai Sriwijaya Air rute Palu-Makassar juga akan masuk bandara Mutiara Sis Aljufri Palu,” pungkasnya. (ron)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.