Penambang Pasir di Dolo Barat Sigi akan Ditertibkan

- Periklanan -

Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta (topi putih, red) turun langsung ke lokasi-lokasi banjir di wilayah Kabupaten Sigi, salah satunya di Desa Pewunu Kecamatan Dolo Barat. (Foto: Humas Pemkab Sigi)

SIGI – Sehubungan dengan bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Sigi, salah satunya di Desa Pewunu Kecamatan Dolo Barat Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta SSos MSi, Senin malam (5/6) mengadakan pertemuan bersama Camat Dolo Barat, Kades Pewunu, dan beberapa tokoh masyarakat dari Desa Pewunu Kecamatan Dolo Barat.

Dalam pertemuan tersebut bupati menuturkan bahwa Kabupaten Sigi saat ini, memiliki kendala pada keterbatasan alat berat. Hal tersebut yang membuat penanganan bencana banjir ini menjadi sedikit terhambat, dan saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi masih menunggu bantuan alat berat dari Pemerintah Provinsi Sulteng.

Sementara untuk penanganan pasca banjir tersebut, bupati menyerahkan sepenuhnya kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait. Karena sebelumnya saat terjadinya banjir Bupati Sigi sudah melakukan peninjauan langsung ke lokasi-lokasi mana saja yang terkena banjir.

- Periklanan -

“Untuk penanganan serta bantuan kepada masyarakat yang terkena banjir, terutama rumahnya yang terendam agar dinas-dinas terkait yang menanganinya. Semua saya serahkan ke instansi terkait,” jelas Irwan.

Bupati juga berharap agar masyarakat bersabar dalam penanganan pasca banjir tersebut, tidak ada maksud memilih antara masyarakat yang satu atau desa yang satu dengan desa lainnya. Namun pananganan ini dilakukan secara bertahap, dan semuanya pasti akan ditangani secara menyeluruh.

Penanganan pasca banjir tersebut, kata Irwan, akan dimulai dari Desa Pewunu, selanjutnya ke Desa Tulo Kecamatan Dolo yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Dolo Barat. “Dalam hal ini Pemkab Sigi memberikan perhatian serius akan bencana alam banjir yang terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Sigi,” katanya.

Sebelumnya juga Bupati mengadakan rapat evaluasi terkait dengan masalah banjir bersama Wakil Bupati Sigi Paulina SE MSi, Perwakilan Ketua DPRD Sigi, Dandim, perwakilan Polres Sigi, Asisten II, pimpinan OPD terkait, Camat Dolo, Camat Dolo Selatan, Dolo barat, Camat Biromaru, Camat Gumbasa, Camat Marawola, dan camat Kinovaro di ruang rapat kantor Bupati Sigi, Senin (5/6).

Berdasarkan hasil kesepakatan bahwa kedepan para penambang yang berada di Wilayah aliran sungai, akan dilakukan penertiban dengan tidak memberhentikan aktifitas tersebut. Karena tingginya curah hujan beberapa minggu terakhir, dan untuk sementara Dinas terkait Dinas PU dan Perumahan akan melakukan pembuatan tanggul sementara.(ndr)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.