Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Pemulihan Ekonomi Masyarakat Palu Belum Diprioritaskan

PALU-Masyarakat Kota Palu yang ingin bangkit dan memulihkan ekonomi dinilai belum mendapat respons baik dari Pemerintah Kota Palu. Wakil Ketua II DPRD Kota Palu, Rizal Dg Sewang menyatakan dengan tegas, Pemerintah Kota Palu, pascabencana, belum menjadikan pemulihan ekonomi masyarakat terdampak sebagai prioritas utama. Padahal kata Rizal, geliat masyarakat Kota Palu yang ingin bangkit pascabencana sangat besar. Hal itu sambungnya terlihat dari bermunculannya usaha-usaha mikro kecil menengah yang kian tumbuh.

“Kita lihat bersama keinginan masyarakat untuk pulih dari segi ekonomi sangat tinggi. Namun sebaliknya pemerintah tidak merespos baik hal ini. Kelihatan pemulihan ekonomi masyarakat belum diprioritaskan Pemkot Palu,” jelas Rizal Dg Sewang ditemui di IAIN Palu, kemarin (24/9).

Padahal kata Rizal, jika Pemkot Palu serius ingin membangkitkan kembali ekonomi masyarakat pascabencana banyak cara yang bisa dilakukan. Dengan dukungan pemerintah kata dia, pemulihan ekonomi itu pasti akan lebih cepat disbanding masyarakat dibiarkan berjuang sendiri tanpa dukungan dari pemerintah. Salah satu solusi kata Rizal, Pemkot Palu bisa bekerjasama dengan perbankan untuk memberi pinjaman tanpa jaminan kepada masyarakat yang ingin bergerak di bidang UMKM. Hal jelas Wakil Ketua DPRD Kota Palu ini bisa dilakukan dengan terlebih dahulu dilakukan pendataan mana saja masyarakat yang ingin membuka usaha baru.

“Pemerintah bisa bekerjaasma dengan perbankan untuk memberi pinjaman modal usaha kepada masyarakat yang mau membuka usaha. Yang jadi jaminannya ialah Pemerintah. Jika seperti itu pasti akan banyak usaha-usaha baru yang tumbuh di Palu. Masyarakat juga akan cepat pulih secara ekonomi. Jika pemerintah hanya fokus pada Jadup, tanpa membantu pemulihan ekonomi masyarakat, saya rasa itu tidak menyelesaikan masalah inti yang dihadapi masyarakat kita,” pungkasnya. (saf)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.