Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Pemprov Sulteng Segera Tangani Jalan Rusak Akibat Gempa

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Gubernur Sulawesi Tengah, H Longki Djanggola MSi didampingi Kadis Bina Marga Syaifullah Djafar dan Asisten perekonomian pembangunan dan Kesra Elim Somba melihat kondisi jalan ruas Dongidongi-Watumaeta yang rusak akibat gempa, Kamis (1/6). (Foto: Ist)

PALU- Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola, MSi, Kamis, (1/6) menemui para korban gempa bumi di dataran Napu, khususnya yang tinggal di Kecamatan Lore Utara. Dalam kunjungannya, Gubernur yang didampingi Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Sulawesi Tengah, Ir H Syaifullah Djafar MSi melihat kondisi jalan poros Dongi-dongi – Watumaeta yang juga mengalami rusak akibat gempa.

Kepada Gubernur dilaporkan ada 18 titik jalan yang rusak. Kondisinya ada yang mengalami retak, patah bahkan ambruk yang menyebabkan terjadi lubang besar di tengah badan jalan. Gubernur Longki Djanggola meminta agar kondisi tersebut segera dilakukan penanganan mengingat poros tersebut adalah salah satu ruas strategis menuju dataran Lore.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang, Syaifullah Djafar kepada Radar Sulteng mengungkapkan segera melakukan penanganan terhadap ruas Dongi-dongi-Watumaeta tersebut. Bahkan sejak awal pasca terjadinya gempa, Dinas Bina Marga langsung melakukan identifikasi titik-titik jalan yang mengalami rusak.

“Pada prinsipnya kita akan segera melakukan perbaikan-perbaikan kerusakan tersebut.  Sejak kemarin dan tadi sudah di identifikasi semua kerusakan, dan sedang diprogramkan rencana dan tahapan perbaikannya,”ungkap Syaifullah.

Saat ini untuk sementara lanjut Kadis berupaya agar ruas tersebut tetap fungsional dengan penanganan-penanganan minor sambil menunggu penanganan permanen.

Penangan minor jelas kadis, yakni dilakukakan perbaikan sementara (penimbunan dan scraping bagian yg berlubang / ambruk)  tanpa perbaikan aspal. Untuk penanganan permanen nantinya mencakup perbaikan aspal.

“Untuk sementara kita melakukan upaya-upaya agar ruas jalan tersebut tetap fungsional. Dengan penanganan-penanganan minor, sambil menunggu penanganan permanen,”tutup Kadis

Sementara di dataran Napu, Lore Utara, Gubernur Longki yang juga didampingi Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesra, Dr Ir Bunga Elim Somba berkesempatan bertatap muka dengan warga yang masih tinggal di tenda. Sembari memberikan dukungan moril, Gubernur meminta agar warga tetap tabah menjalani cobaan ini.

Gubernur mengaku pemerintah akan membantu meringankan beban warga baik berupa bahan makanan, pelayanan kesehatan serta pemulihan rasa trauma yang dialami. (awl)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.