alexametrics Pemprov Sulteng Berencana Bangun Pabrik Kelapa Sawit di Buol – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Pemprov Sulteng Berencana Bangun Pabrik Kelapa Sawit di Buol

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU-Angin segar buat petani kelapa sawit di Kabupaten Buol. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng), dalam hal ini Gubernur H. Rusdi Mastura akan mendirikan sebuah pabrik untuk mengolah hasil perkebunan kelapa sawit yang berasal dari petani. Rencana ini disampaikan oleh Ketua Perkumpulan Pengusaha Industri Hasil Hutan (PPIHH) Sulteng, Hasanudin Mangge kepada Radar Sulteng, Kamis (30/9).

Maksud pembangunan pabrik kelapa sawit, kata Hasanudin untuk mendekatkan produksen dengan konsumen. Persyaratan pembangunannya adalah bersedia bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol untuk mendirikan pabrilk CPO kelapa sawit hasil produksi petani kelapa sawit Kabupaten Buol.

“ Saat ini, hasil buah kelapa sawit petani, baik petani kelapa sawit tergabung dalam beberapa kelompok tani binaan PT. Hardaya Inti Plantation (PT.HIP) CCM Group, maupun kelompok tani mandiri dan perorangan di Kabupaten Buol yang luasannya mencapai 8.000 hektare lebih, yang sedang berrproduksi, “ ujarnya.

Dijelaskannya, yang belum berproduksi kurang lebih 5.000 hektare, sawit yang sedang berproduksi rata-rata per hektarenya 2,5 ton perbulan atau kyurang lebih 20 ribu ton atau 20 juta kg, atau 20 juta x 1.100 per kg standar harga dari pemerintah Sulteng.

“ Atau kurang lebih 22 miliar x 12 totalnya Rp 264 miliar pertahunnya. Namun saat ini perusahaan PT. CCM di Buol membeli hanya Rp 600 per kg dengan alasan klasik. Yaitu produksi tidak bagus atau jenis bibit tidak unggul. Padahal, penyedia bibit kelapa sawit yang ditanam di Buol sebagian besar dibeli dari PT. CCM, sehingga terpaksa para petani menjualnya ke Mamuju atau ke pabrik lain di luar Kabupaten Buol dengan harga standar pemerintah. Dan masih banyak lagi alasan klasik dari PT. CCM. Ini sangat miris, “ ungkapnya.

Olehnya, Gubernur bersedia untuk bekerjasama dengan Pemkab Buol untuk mendirikan pabrik CPO kelapa sawit petani yang tergabung dalam organisasi Apkasindo Kab Buol.

Sebagai penasehat Apkasindo Buol, Hasanudin Mangge bersama beberapa tokoh masyarakat Buol yang prihatin terhadap keresahaan petani sawit di Buol saat ini melakukan audiens (pertemuan tatap muka) dengan Gubernur Sulteng.

Dari pertemuan dan diskusi itu, Gubernur Sulteng memberikan apresiasi kepada petani kelapa sawit Buol.

“Saya akan bekerjasama dengan Pemkab Buol untuk mendirikan pabrik agar harga tetap stabil, tidak dimainkan dan petani tetap semangat dan lebih terjamin usahanya, “ tegas Gubernur.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.