Pemohon Paspor Umrah dan Haji Wajib Kantongi Rekomendasi Kemenag

- Periklanan -

Suasana ruang pelayanan pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Klas I Palu, Jalan Kartini, kemarin (23/2). Pemohon paspor dengan tertib menunggu giliran untuk mengikuti sesi wawancara dan foto. (Foto: Nursoima)

PALU – Ada aturan baru bagi pemohon paspor khusus urusan ibadah umrah dan haji. Yakni pemohon wajib mengantongi surat rekomendasi dari kantor Kementerian Agama (Kemenag) di daerah masing-masing. Aturan ini dibuat untuk mencegah terjadinya hal buruk sekaligus melindungi calon jamaah selama berada di luar negeri.

Kepala Kantor Imigrasi Klas I Palu, Suparman SH MH mengungkapkan aturan tersebut tidak akan mempersulit pemohon paspor umrah dan haji. Dia mengatakan selama surat rekomendasi dari Kemenag turut dilampirkan dalam berkas permohonan paspor, maka pihaknya tidak punya alasan untuk tidak memproses pembuatan paspor.

- Periklanan -

“Tujuan aturan ini baik, yakni untuk mencegah dan menghindari kejadian-kejadian buruk yang telah terjadi di masa lalu. Misalnya, mencegah adanya jamaah Indonesia yang berangkat lewat Filipina, menghindari jamaah umrah yang terlantar di luar negeri, atau tujuannya untuk umrah tapi setelah di luar negeri gabung di ISIS,”  ungkap Suparman, yang ditemui di ruang kerjanya, kemarin (23/3).

Pria yang sebelumnya memimpin kantor Imigrasi Klas II Wonosobo, Jawa Tengah ini mengatakan ada MOU antara Kementerian Hukum dan HAM RI bersama dengan Kementerian Agama terkait dengan aturan tersebut.

Lebih lanjut, Suparman menjelaskan rekomendasi akan diterbitkan bagi pemohon paspor umrah dan haji bila agen perjalanan atau lembaga penyelenggara umrah dan ibadah haji khusus terdaftar di data base Kemenag. Olehnya, pemohon paspor diminta untuk selektif memilih agen perjalanan.

Selain surat rekomendasi, tidak ada persyaratan lainnya. Sama seperti pemohon paspor lainnya, paspor untuk urusan umrah dan haji hanya perlu melampirkan KTP, KK, dan akta lahir/ijazah/buku nikah yang valid. “Jika  ada surat rekomendasi dari Kemenag, kami siap melayani karena dianggap telah memenuhi persyaratan,”  tambahnya.(uq)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.