Pemkot Palu Rotasi Delapan Pejabat Eselon IIb

- Periklanan -

Ilustrasi (@jpnn.com)

PALU – Kurang lebih enam bulan pemerintahannya berjalan, Wali Kota Palu Drs Hidayat MSi, sudah melakukan rotasi jabatan. Rotasi kali ini merupakan kali pertama dilakukan wali kota.

Beberapa jabatan pimpinan tinggi pratama/eselon IIb di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Palu berubah. Wali kota merotasi kabinetnya pada Jumat (12/5) kemarin. Ada beberapa nama bertukar posisi di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mereka pimpin sejak Desember 2016 lalu. Ada juga yang mendapat penempatan baru.

Bertempat di aula Kantor Wali Kota Jalan Balaikota, Hidayat yang diwakili Wakil Wali Kota Sigit Purnomo Said melantik sebanyak delapan nama pejabat eselon IIb di jabatan baru.

Antara lain, jabatan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang ditinggalkan oleh almarhum Rahmat H Sahabuddin atau Rahmat Kawaroe, diisi oleh Ajenkris. Pada pelantikan Desember 2016 lalu, Ajenkris menjabat Kadis Koperasi, UMKM, dan Tenaga Kerja Kota Palu.

- Periklanan -

Tak hanya Ajenkris yang mendapat rotasi jabatan. Ada nama lain yang bernasib sama yaitu Moh Rifani. Rifani yang sebelumnya dilantik sebagai Asisten III Bidang Administrasi Umum, kini bergeser menjadi Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat. Sedangkan yang mengisi posisi Asisiten III yakni Muhclis Abd Umar. Mereka berdua bertukar posisi saja.

Berikutnya adalah Musliman. Musliman juga bertukar posisi dengan Ramli. Musliman yang sebelumnya menjabat Kadis Lingkungan Hidup, Jumat kemarin dilantik menjadi Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu. Sementara Ramli menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

Nama berikutnya Sudaryono Rahmalifman Lamangkona yang mengisi posisi Kadis Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja. Sedangkan jabatan Kadis Pariwisata yang ditinggalkan Sudaryano diisi oleh Mohamad Ridwan Karim. Sementara Burhan Hamading dilantik sebagai Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palu.

Untuk eselon III yang dilantik salah satunya adalah Lukman. Dia menjabat Sekretaris Dinkes Palu yang ditinggalkan oleh almarhumah Falma Pakasi. Lukman sebelumnya menjabat di Dinas Kesehatan Sulteng.

Pada pelantikan hari itu, selain pejabat eselon IIb, sejumlah pejabat eselon III dan IV juga dilantik di jabatan barunya oleh Wakil Wali Kota Palu.

Sigit dalam sambutannya mengucapkan selamat bertugas kepada yang baru saja dilantik. Bekerjalah sesuai dengan tupoksi 9tugas dan fungsi) masing-masing. Jabatan kata dia, merupakan sebuah amanah yang kapan saja bisa berpindah ke orang lain. Dan pergeseran jabatan menurutnya, hal yang lumrah atau sudah biasa terjadi di tubuh pemerintahan atau institusi lain. (sur)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.