Pemkot Palu Disarankan Punya Panti Sosial

- Periklanan -

Ilustrasi panti sosial (@okezone.com)

PALU – Ketua Komisi A DPRD Kota Palu Tamsil menyarankan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu perlu membangun dan memiliki Panti Sosial. Keberadaan Panti Sosial berguna untuk menampung orang yang telantar di Kota Palu, yang menjadi tanggung jawab negara.

Saran tersebut disampaikan Tamsil, dengan adanya kasus yang menimpa Bunga. Bunga adalah warga yang tidak diketahui asal usul dan keluarganya. Saat ini, Bunga masih dirawat di Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palu.

Menurut Tamsil, tidak sewajarnya, ada seseorang yang sudah berapa hari hanya tidur di Kantor Dinsos. Apalagi Bunga, secara kejiwaannya terganggu. “Seharusnya dia di Panti Sosial,” ujarnya ditemui di kantor DPRD Kota Palu, baru-baru ini.

- Periklanan -

Makanya kata dia, Pemkot harus mencontoh ibukota provinsi-provinsi lain yang sudah memiliki panti sosial. Pasalnya, kata Tamsil, jika kejadian serupa terjadi lagi, jika Pemkot sudah memiliki panti, orang telantar tersebut tidak lagi ditampung di kantor.

Senada dengan Tamsil, Direktur RS Madani dr Isharwati MKes juga menyampaikan hal yang sama. Dia menilai perlunya ada panti sosial milik Pemkot Palu, seperti di daerah lain. “Semua daerah itu ada Panti. Kenapa Palu tidak ada? Saya kesulitan,” ucapnya.

Menurutnya, pasien jiwa itu pasca dirawat di RS, dan sembuh secara kejiwaan, tidak lagi menetap di RS. Melainkan harus masuk panti sosial dan dibina.

“Kita sudah kasi sehatnya jiwanya. Kita juga ajarkan keterampilan. Kalau sesudah itu, bukan urusan kita lagi. Harusnya disiapkan tempat untuk mereka,” terangnya.

Isharwati mencontohkan penanganan pasien di Jakarta. Di sana kata dia, ada istilahnya pasien garukan. Pasien garukan merupakan orang telantar yang kejiwaannya terganggu, dan dijaring Satpol PP untuk diantarkan ke rumah sakit. Setelah diobati di RS, baru kemudian dibawa ke panti. “Kita di rumah sakit yang obati, setelah itu dibawa ke panti,” pungkasnya. (saf)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.