Pemkab Poso Dinilai Gagal Tertibkan Penambangan Ilegal di Bada

- Periklanan -

Ilustrasi penemuan tambang emas ilegal oleh Polisi. (@jpnn.com)

POSO – Aktivitas penambangan ilegal di Desa Bangkekau dataran Bada Kecamatan Lore Selatan Kabupaten Poso kembali berjalan. Informasi yang diperoleh, kegiatan penambangan aktif lagi karena tidak ada penjagaan atau pengawasan dari pemerintah setelah sempat ditutup pada awal pekan lalu.

Penyebab lainnya karena sebagian masyarakat sudah bergantung pada hasil penambangan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. “Jalan lagi pak. Penertiban lalu juga tidak benar-benar berhasil karena nyatanya saat itu masih ada warga yang menambang,” sebut Anton, warga Lore Selatan pada Radar Sulteng.

Menurutnya, sulit untuk menghentikan aktifitas penambangan di Bangkekau. Karena hal tersebut berkaitan dengan kebutuhan hidup. Apalagi jika penutupan tidak dibarengi dengan pembukaan atau pemberian lapangan kerja baru bagi masyarakat. “Kalau bicara soal perut itu panjang urusannya. Benar bahwa penduduk di sana (Bangkekau) itu aslinya petani. Tapi mungkin mereka sudah merasakan hasil menambang lebih cepat dan lebih besar dari pada bertani,” ujar Anton.

- Periklanan -

Aktifitas penambangan emas ilegal yang sekarang berjalan murni dilakukan warga dengan cara tradisional yang ramah lingkungan, yaitu dengan menggunakan tempayan. “Kalau yang pakai tromol sudah tidak ada,” jelasnya.

Belum ada keterangan dari pihak Pemkab Poso terkait informasi aktifnya kembali kegiatan penambangan emas ilegal oleh masyarakat di Bangkekau. Camat Lore Selatan, Starling Talingkau yang hendak dikonfirmasi sulit dihubungi. Nomor handponenya tidak aktif dan kiriman SMS untuk konfirmasi belum dibalas. “Disana agak susah jaringan HP memang,” ujar seorang PNS di Pemkab Poso.

Seperti Camat, Kabag Perekonomian dan Sumberdaya Mineral Setkab Poso Amos Mondolu juga belum bisa dikonfirmasi. Pejabat yang mengklaim sudah menghentikan penambangan emas ilegal Bangkekau pada minggu lalu ini tidak merespon saat hendak dimintai konfirmasi.

Sebelumnya, Amos menyebut Pemkab Poso telah menertibkan sekaligus menutup aktifitas penambangan emas ilegal di desa Bangkekau Bada kecamatan Lore Selatan. Penutupan penambangan dilakukan sejak Senin (13/2) lalu saat peninjauan lapangan bersama Polsek, Koramil dan pemerintah kecamatan setempat. “Kegiatan penambangan di Bangkekau Bada sudah kita tutup,” klaimnya, Kamis (16/2) lalu.(bud)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.