Pemkab Donggala Akan Bangun Tiga Dermaga Baru

- Periklanan -

Anggota DPRD Donggala bersama Dinas Perhubungan saat rapat bersama membahas pembangunan dermaga rakyat di kabupaten Donggala, Senin (20/3). (Foto: Ujang Suganda)

DONGGALA – Tahun 2017 ini rencananya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala akan membangun tiga dermaga rakyat di wilayah yang berbeda-beda. Hal itu diutarakan pada saat rapat antara Dinas Perhubungan Donggala bersama Komisi III DPRD Donggala, Senin (20/3) kemarin.

Sudah ada tiga titik pembangunan dermaga tersebut yang dibicarakan dalam rapat tersebut. Pertama di bagian wisata tanjung karang, Desa Loli dan Desa Toaya.

- Periklanan -

Menurut ketua Komisi III DPRD Donggala, Asis Rauf, berbicara soal dermaga tentu ada beberapa persayaratan dan tingkatan-tingkatan yang harus dipenuhi. Selain itu memang perlu dilakukan kajian-kajian teknis soal pembangunan dermaga. “Lain lagi kalau pembangunan tambatan yang persyaratannya tidak seperti pembangunan dermaga,” tuturnya.

Oleh karena itu komisi III sebagai mitra kerja Dinas Perhubungan memang harus saling mengingatkan khususnya dalam soal persyaratan yang harus dipenuhi tersebut. Pemerintah Pusat sendiri melalui Kementerian Desa sudah menyetujui usulan Pemerintah Daerah tersebut. “Anggarannya sendiri sudah disiapkan,” ungkapnya.

Anggaran dari Kementerian Desa sendiri kata Asis tentu dikhususkan bagi desa-desa yang tertinggal. Menurut Asis, berdasarkan kategori desa tertinggal, Desa Toaya sepertinya bukan lagi termasuk desa tertinggal. “Sama halnya juga di tanjung karang. Itukan bukan desa tertinggal. Jangan sampai hal ini juga menjadi kesalahan karena anggarannya ini dari Kementerian Desa bukan langsung dari Kementerian Perhubungan,” terangnya.

Asis menambahkan, kemungkinan ada perubahan titik atau letak pembangunan dermaga rakyat tersebut. namun pada intinya tahun ini ada tiga dermaga rakyat yang direncanakan akan dibangun. “Kemungkinan tersebut karena kita mengacu pada sumber anggarannya dari kementerian Desa,” tambahnya. (ujs)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.