Pemilihan Ketua OSIS SMAN 4 Palu Rasa Pemilu

Pasangan Rahmat Hidayat dan Afifah Almahdali Raih Suara Terbanyak

- Periklanan -

PALU – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Palu melaksanakan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) periode 2019/2020, Kamis kemarin (14/11). Ada 5 pasangan calon yang ikut dalam pemilihan tersebut. Pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS SMAN 4 Palu yakni Stevin David dan Salwa Zetira, Farah Dhia dan Nur Auliah, Al Kahfi dan Fitri Inayah, Eral Yehezkiel dan Erren Rahma, Rahmat Hidayat dan Afifah Almahdali.
Sekolah yang terletak di bagian barat Kota Palu ini melakukan pemilihan Ketos (ketua OSIS) dan wakilnya dengan sistem Pemilihan Umum (Pemilu), melibatkan seluruh siswa berjumlah 1.265, ditambah semua guru dan tata usaha berjumlah 90 orang. Sementara yang menggunakan hak suaranya berjumlah 1.017 orang atau sekitar 78 persen dari total pemegang hak suara. Dalam pemilihan tersebut, disiapkan bilik suara, kotak suara, tinta, dan alat pencoblosan oleh Panitia Pemilihan. Para kandidat pun telah melewati seleksi dan pemaparan visi misinya.
Setelah melewati proses pemilihan yang diawali oleh Kepala SMAN 4 Palu Syam Zaini SPd Msi dan perhitungan suara, pasangan nomor urut 5 Rahmat Hidayat dan Afifah Almahdali meraih suara terbanyak sekaligus ditetapkan menjadi ketua dan wakil ketua OSIS SMAN 4 Palu periode 2019/2020.
Dalam sambutannya sebelum dimulainya pemilihan, Kepala SMAN 4 Palu Syam Zaini memberikan kepada Panitia Pemilihan untuk tidak melakukan manipulasi suara. Kata dia, setelah selesai proses pemilihan (pencoblosan, red), maka hasilnya direkap dengan baik. “Tidak boleh tambah angka di depan atau di belakang (jumlah suara), umumkan hasilnya di siang hari di saat semua temanmu beraktivitas,” tekannya.

BERI SAMBUTAN : Kepala SMAN 4 Palu Syam Zaini memberikan sambutan jelang pemungutan suara pemilihan ketuan dan wakil ketua OSIS SMAN 4 Palu, Kamis (14/11). (Foto : DOK. SMAN 4 PALU)

Kepada para kandidat pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS, Syam Zaini juga berpesan agar mereka bersikap jujur. Jika terpilih menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya. “Menanglah dengan cara terhormat,” tegasnya.
Di sisi lain, Syam Zaini berharap pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS bisa menjadi bekal siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik. Dengan pemilihan menggunakan sistem Pemilu, menurutnya, siswa menjadi tahu bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar.
“Harapan saya pemilihan ketua OSIS dan wakil ketua OSIS ini dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, bisa dipertanggung jawabkan, sportif, dan yang tidak kalah pentingnya tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan. Ini juga akan menjadi bekal mereka, apalagi kita akan menghadapi tahun politik pemilihan kepala daerah 2020 nanti,” pungkas Syam Zaini.(fdl)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.