alexametrics Pemerintah Kabupaten Sigi Dukung Program Anak ‘SMART’ INANTA-Save The Children – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Pemerintah Kabupaten Sigi Dukung Program Anak ‘SMART’ INANTA-Save The Children

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

SIGI-Pemerintah Kabupaten Sigi yang diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, H Iskandar Nongtji ST MM membuka Peluncuran (Kick Off) Program Supporting Maintaining Access for Vulnerable Students and Family (SMART). Program SMART adalah program dukungan anak serta keluarga yang terdampak bencana. Nantinya, Program SMART akan berlangsung selama 10 bulan di 5 desa, yakni Potoya, Karawana, Sibalaya Selatan, Sibalaya Utara dan Omu.

Peluncuran program SMART tersebut digelar pada 28 Januari 2021 di aula Kantor Bupati Sigi dan diikuti oleh 20 orang. Kegiatan dilaksanakan sesuai dengan standar protokol keamanan Covid-19. Turut hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sigi, Hj Sitti Sudarmi Sp MSi sebagai leading sektor terkait.

Dalam sambutannya, Iskandar Nongtji menyatakan apresiasi terhadap inisiasi yang dilakukan oleh INANTA dan Save The Children dalam program tanggap darurat dan pascabencana.

“Atas nama pribadi, masyarakat, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, kami mengucapkan terima kasih kepada INANTA dan Save The Children, yang masih tetap berprogram pascabencana melalui kegiatan pendidikan dan perlindungan anak di wilayah kami, tentunya pemerintah daerah sangat mendukung program tersebut dan kiranya berkesinambungan pada tingkat pemerintah daerah dan masyarakat, ” ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sigi, Hj. Sitti Sudarmi, turut menyampaikan gambaran kepada peserta kegiatan kick off meeting tersebut, terkait Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), sebagai bentuk dukungan dinas P3A terhadap program SMART.

“PATBM harus disosialisasikan ke desa-desa. PATBM itu penting dan harusnya ada di tiap desa,
Satgasnya juga harus dibentuk,” kata Sitti.

Sementara itu, rangkaian kick off meeting diakhiri dengan sosialisasi program yang diwakili oleh Project Manager INANTA, Welem Salasa. Ia menjelaskan bahwa Program SMART bertujuan meningkatkan akses anak terhadap pendidikan dasar yang berkualitas dan inklusif, kemudian terpenuhinya dukungan sistem perlindungan anak yang memadai di tingkat masyarakat, serta terciptanya lingkungan yang ramah anak dengan kebijakan publik lokal yang berpihak pada anak.

Lebih lanjut, Welem, menerangkan Program SMART juga menyasar pada advokasi Pendidikan Dasar di tengah kondisi pandemi Covid-19 melalui pelatihan terhadap guru-guru, sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dan pengembangan strategi Belajar Dari Rumah (DBR) yang kreatif serta inovatif.(*/uq/adv)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.