alexametrics Pemerintah Daerah Sangat Membutuhkan BPTP sebagai Lembaga Inovasi Teknologi Pertanian – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Pemerintah Daerah Sangat Membutuhkan BPTP sebagai Lembaga Inovasi Teknologi Pertanian

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

SIGI-Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), menggelar pisah sambut dari Kepala BPTP yang lama Dr. Ir. Fery Fahrudin Munier, M.Sc., IPU, kepada Kepala BPTP Sulteng yang baru, Dr. Abdul Wahab, M.Si, digelar di ruang pertemuan BPTP Sulteng, di Desa Maku Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis (23/9).

Pisah sambut ini dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Sigi, Dr. Samuel Yansen Pongi, Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Ir. Trie Iriani Lamakampali, MM, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng dan pimpinan OPD di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Sigi, para penyuluh dan peneliti di lingkungan BPTP Sulteng, para pimpinan NGO yang berkesempatan hadir, Camat Dolo Suplain, SH, dan Kades se Kabupaten Sigi.

Pejabat lama kepala BPTP Sulteng, Fery Fahrudin Munier dalam pesan dan kesannya selama bertugas di Sulteng mengatakan, dirinya merupakan seorang PNS yang mulai meniti kariernya di Sulteng pada tahun 1993, hingga kemudian dimutasi ke Kalimantan Tengah dan menjadi Kepala BPTP disana.
Selama menjabat dia memimpin para penyuluh dan peneliti BPTP dengan baik, menjalin hubungan dengan stakeholder yang ada di Pemprov Sulteng dan di kabupaten dan kota se Sulteng.

“ Bahkan kami memimpin BPTP Sulawesi Tengah, dan membangun kembali kantor BPTP yang dirintis kepala BPTP Sulteng sebelumnya bapak Dr. Andi Baso Lompengeng, hingga Bupati Sigi memberikan lahan seluas 2 hektare lebih untuk membangun kembali kantor BPTP di Desa Maku ini, “ ungkap Fery Fahrudin.

Fery juga mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf kepada semua pihak terutama kepada Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng, Bupati dan Wabup Sigi, para Bupati dan Walikota se Sulteng, seluruh anggota Forkompimda, pimpinan OPD, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

” Pak Wahab, kalau ada kegiatan atau program yang baik silahkan dilanjutkan, tetapi kalau ada yang kurang tolong dilengkapi dan disempurnakan, ” kata Fery Fahrudin kepada pejabat baru Abdul Wahab.

Sementara Kepala BPTP Sulteng yang baru, Abduil Wahab mengatakan akan meneruskan perjuangan yang telah dirintis oleh para kepala BPTP Sulteng sebelumnya, hingga BPTP Sulteng seperti sekarang ini.

“ Tolong bantu saya dan dukung saya untuk mengembangkan BPTP Sulawesi Tengah menjadi lebih maju lagi. Dan saya akan terus berjuang, meneruskan perjuangan dari bapak Fery Fahrudin Munier dan kepala BPTP sebelumnya. Insya Allah menjadi yang terbaik, “ tegas Abdul Wahab.

Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulteng, Trie Iriani Lamakampali pada kesempatan memberi kesan dan pesannya mengungkapkan pihaknya telah berdisinergi dengan BPTP Sulteng dalam setiap kegiatan yang bersentuhan dengan pertanian di seluruh wilayah provinsi Sulawesi Tengah.

“ Kami selama ini dengan bapak Fery Fahrudin Munier telah banyak berkolaborasi dalam kegiatan sehari-hari, dan menjalankan tugas kita yang bersentuhan dengan pertanian. Sebab, BPTP Sulawesi Tengah merupakan lembaga pemerintah di bidang pertanian yang melakukan berbagai kajian dan inovasi dalam memberikan peningkatan dan pengembangan teknolohgi pertanian di berbagai jenis budidaya pertanian, “ jelas Trie Iriani.

Oleh karena itu, kedepannya, tandas Iriani, pihaknya dari Provinsi Sulteng akan terus melakukan kerjasama dengan BPTP Sulteng meningkatkan produk-produk pertanian, teknologi pertanian, dan kesejahteraan petani.

Sedangkan Wabup Sigi, Samuel Yansen Pongi dalam kesempatan itu memaparkan akselerasi yang diberikan BPTP dalam memajukan pertanian di Sulteng khususnya di Kabupaten Sigi sangat terasa. Hingga Sigi lebih maju di sektor pertanian yankni sebesar 54 persen. Sebuah peningkatan yang siginifikan.

“ BPTP sangat memberikan manfaat di Kabupaten Sigi. Sangat terasa sekali, sehingga kemajuan pertanian di daerah kita bisa meningkat sampai 54 persen, “ beber Wabup Samuel Pongi.

Diakhir pisah sambut, baik Pemkab Sigi maupun BPTP Sulteng memberikan cenderamata kepada pejabat lama Fery Fahrudin Munier yang akan memimpin sebagai Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Sementara, Pemkab Sigi diberikan buku 600 hasil inovasi teknologi pertanian dari BPTP Sulteng, yang diterima secara langsung oleh Wabup Sigi Samuel Yansen Pongi.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.