Pembekalan Via Daring, 241 Mahasiwa Unismuh Palu Turun KKNT

- Periklanan -

PALU – Sebanyak 241 mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu secara resmi menjadi peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Angkatan 58 Tahun Akademik 2019/2020. Sebelum dilepas Rektor Unismuh Palu, Rajindra, ratusan mahasiswa ini terlebih dahulu mengikuti kegiatan pembekalan l melalui aplikasi zoom meeting dari Aula Rektorat Unismuh Palu, Senin (27/7/2020).

Kegiatan itu juga dihadiri Wakil Rektor, pejabat di lingkup Unismuh Palu dan pimpinan fakultas dengan tetap menggunakan protokol kesehatan yang ketat serta tayang di akun media sosial resmi Unismuh Palu. Kegiatan KKNT tahun 2020 yang dilaksanakan pada 3 Agustus hingga 3 September 2020.

“KKNT kali ini memang berbeda, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, karena itu dilakukan dengan paradigma baru dan dengan protokol kesehatan,” ujar Rektor Rajindra.

Rektor mendorong mahasiswa untuk menjadikan momentum KKNT sebagai bagian dari media pembelajaran, riset, dan pengabdian kepada masyarakat.

Karena itu kata dia, peserta KKNT diharapkan mendapat pembelajaran dan pembentukan karakter.

Jika sasaran tersebut dicapai, mahasiswa peserta KKNT sudah mampu mengakumulasikan pembentukan kapasitas intelektual.

Hal ini dibutuhkan untuk menyiapkan mahasiswa sebagai lulusan yang unggul di masa datang.

Walau dilaksanakan di tengah keterbatasan dikarenakan pandemi Covid 19, Rektor Unismuh Palu mengharapkan aktivitas KKNT jangan dikurangi.

Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) justru menjadi suatu pembelajaran, karena dipastikan muncul beragam permasalahan baru di masyarakat.

- Periklanan -

“Belajar dari masyarakat itu menjadi makna yang tidak akan hilang dari KKNT di masa pandemi Covid-19,” katanya.

Rektor pun berpesan kepada mahasiswa untuk tetap menjaga nama baik Unismuh Palu.

“Tolong hindarkan sesuatu yang akan mengurangi nama baik Unismuh Palu di masyarakat. Saya yakin KKNT adalah ajang pendewasaan menjadi manusia seutuhnya,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Lembaga Penelitian, Pengabdian Pada Masyarakat dan Pengembangan Unismuh Palu, Andi Darmawaty Tombolotutu dalam sambutannya menjelaskan, pelaksanaan KKNT kali ini mulai dari tahapan pendaftaran sampai dengan pelaksanaan dilaksanakan secara online.

Dia mengatakan, pengejawantahan konsep Kampus Merdeka dilaksanakan pada KKNT kali ini.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Unismuh Palu telah menjalin kerjasama dengan empat perguruan tinggi lainnya di luar Sulawesi Tengah yakni Universitas Fajar Makassar, Universitas Islam Jakarta, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, dan Universitas Nadlathul Ulama Sulawesi Tenggara yang salah satu hasilnya adalah bentuk KKNT Bersama.

Dalam pelaksanaan KKNT kali ini melibatkan delapan orang Dosen Pembimbing Lapangan. KKNT ini dilakukan di lokasi tempat tinggal setiap mahasiswa.

Pemantauan progres KKNT dilakukan melalui aplikasi telekonferensi.

Setelah pelaksanaan pembukaan kegiatan ini, dilanjutkan dengan kegiatan pembekalan selama sehari dengan melibatkan pemateri dari lingkup Unismuh Palu yang berbicara tentang Strategi Pengembangan Unismuh Palu dalam kebijakan Merdeka Belajar dan beberapa materi lainnya yang bertemakan Kegiatan Lapangan KKNT di tengah pandemi. (*/agg)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.