Pembangunan Hutan Kota di Bukit Jabal Nur Mulai Dikerjakan

- Periklanan -

GUSUR: Dengan menggunakan alat berat buldoser, pembangunan hutan kota mulai dilakukan. (Foto: Mugni Supardi)

PALU – Pembangunan hutan kota di atas lahan milik Pemerintah Provinsi Sulteng di kawasan bukit Jabal Nur, Jalan Jabal Nur, Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore, mulai dikerjakan. Sejak beberapa hari terakhir, dengan menggunakan alat berat jenis buldoser di kawasan tersebut mulai dilakukan pembersihan.

“Lahan itu milik Pemprov. Namun Pemkot diberikan izin untuk mengelolanya. Makanya akan dijadikan hutan kota,” ucap Aspah, Sekretaris Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan (DPRP) Kota Palu kepada Radar Sulteng, Senin (6/3).

Saat ini, kata Aspah, pihak Pemkot masih dalam tahap pembersihan lokasi terlebih dahulu sebelum dilakukan penanaman. Makanya kata dia, setiap hari ada aktivitas pembersihan di lokasi tersebut.

“Kalau sudah selesai dibersihkan nanti, akan dicek dari Dinas Pertanian terkait pohon apa yang cocok ditanami di lokasi itu,” paparnya.

- Periklanan -

Selain berencana penanaman pohon-pohon, di dalam lahan seluas 90 hektare tersebut juga akan disediakan taman serta fasilitas umum lainnya. “Sehingga juga bisa dijadikan tempat rekreasi masyarakat,” tambahnya.

Ditemui kemarin (7/2), Lurah Talise, Sarlin membenarkan adanya pembuatan hutan kota di lokasi milik Pemprov tersebut. “Lahan itu sekitar 90 hektare. Akan dijadikan hutan kota,” sebut Sarlin.

Sarlin mengungkapkan, dari informasi yang didapatkannya, selain akan ada taman di dalam lokasi hutan Kota tersebut juga akan dibuatkan  kebun binatang yang khusus hewan khas Sulawesi Tengah.

Lebih jauh Sarlin mengatakan, aktivitas pembersihan tersebut sudah berlangsung sekitar dua pekan ini. Sahrin mengatakan, sekali pun mendekati lapangan golf yang sempat disengketakan beberapa masyarakat, namun lokasi yang akan dijadikan hutan kota ini tidak termasuk lahan sengketa.

“Yang dipermasalahkan lalu itu hanya area lapangan golf. Jadi lokasi yang direncanakan untuk hutan kota ini tidak termasuk,” tutupnya. (saf)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.