Pelulusan Siswa SMKN 1 Tinangkung Seperti Mahasiswa Diwisuda

- Periklanan -

Pelajar SMKN 1 Tinangkung serempak melempar toga ke udara, usai acara wisuda, Rabu (10/5). (Foto: barnabas Loinang)

BANGKEP – Pelajar SMKN 1 Tinangkung merayarakan kelulusan dengan cara yang berbeda. Ya, perayaan kelulusan dikemas dengan bentuk wisuda. Seperti wisuda mahasiswa, perosesi wisuda melalui sidang yang dihadiri orang tua.

Susana wisuda memang tampak kental, saat pelepasan siswa kelas 12 SMKN 1 Tinangkung yang baru saja menyelesaikan ujian nasional. Siswa siswi yang diwisuda mengenakan atribut mahasiswa seperti toga. Selalnjutnya, usai wisuda mereka berfoto kenang kenangan seperti mahasiswa yang selesai wisuda.

Kepala SMKN 1 Tinangkung Drs Sultani, menyambut baik wisuda tersebut yang merupakan usulan dari dewan guru. Baginya, anak SMKN 1 Tinangkung sebagian besar tidak melanjutkan kuliah. “Karena alasan itu, kami memberikan suatu kehormatan dengan mengemas kelulusan dalam bentuk wisuda. Supaya mereka merasakan seperti ini rasanya mahasiswa jika diwisuda,” jelasnya usai acara Wisuda, Rabu (10/5).

- Periklanan -

Selain alasan tersebut, pihak sekolah juga tidak menginginkan seragam almamaternya dicorat coret. “Seragamnya itu bisa disumbangkan ke panti asuhan. Atau diberikan kepada adik adknya,” jelasnya.

Wisuda SMKN 1 Tinangkung dihadiri Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bangkep Djufrie T unus. Djufrie mengatakan, pemda sangat mensuport bagi lulusan SMK bisa masuk dunia kerja. Sekaligus yang memiliki modal, bisa membuka lapangan usaha sesuai dengan kompetensinya. “Ya kalau mampu kenapa tidak membuka lapangan usaha dan menyerap tenaga kerja di Bangkep ini,” jelasnya.

Lulusan SMK saat ini apalagi SMKN 1 Tinangkung membuka keterampilan kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja. Seperti jurusan multimedia dan administrasi perkantoran. “Dimana mana orang yang mau bekerja harus bisa menggunakan computer. Ini modal dasar,” jelasnya.

Djufrie mengatakan, lulusan SMK tidak menjadi pengangguran. Pasalnya kompetensi yang dimilikinya dibutuhkan banyak dunia kerja. “Asalkan mau bekerja, pasti dapat,” tambahnya. (bar)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.