Pelari Asing Siap Ikut Lomba Marathon Equator 10 K di Parimo

- Periklanan -

Ilustrasi (@beritasatu.com)

PARIMO-Ribuan pelari bakal meramaikan lomba lari marathon internasional bertajuk Equator 10 K yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong (Parimo) di Kecamatan Tinombo Selatan, Sabtu (1/4) besok.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Parimo, Hamka Lagala mengatakan, berdasarkan laporan yang diterimanya, jumlah peserta yang sudah mendaftar sebanyak 1.516 orang baik putera maupun puteri.

Dari jumlah tersebut 31 orang diantaranya adalah pelari asing dari beberapa negara dan pelari yang tercatat sebagai atlet nasional. Selain itu tercatat 115 atlet dari berbagai daerah di Indonesia yang juga siap meramaikan kegiatan yang merupakan rangkaian event Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT) tersebut.

- Periklanan -

Selain itu kata Hamka, juga telah tercatat 1.370 orang peserta yang merupakan pelajar dari Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah yang akan ikut lomba untuk kategori pelajar.

“Jumlah peserta tersebut belum termasuk pelari lokal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Parigi Moutong. Kami perkirakan peserta bisa mencapai 2.000 hingga 3.000 orang,”ujar Hamka, Kamis (30/3) kemarin.

Hamka menjelaskan, lomba lari marathon internasional Equator 10 K akan menempuh jarak 10 kilo meter dengan start dari Desa Maninili dan finish di tugu khatulistiwa Desa Khatulistiwa Kecamatan Tinombo Selatan. Rencananya peserta lomba lari marathon itu akan dilepas oleh Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola, Msi mulai pukul 07.00 wita.

Disinggung soal hadiah bagi para juara, Hamka menyatakan sudah menyiapkannya. Dia menyatakan, kejadian pada iven Palu Nomoni tahun lalu dimana hadiah bagi para peserta tidak dibayarkan tidak akan terulang di Kabupaten Parimo. Pasalnya hadiah bagi para pemenang lomba tersebut sudah disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Untuk kategori internasional putera kata Hamka panitia menyiapkan uang bonus masing-masing juara I Rp25 juta, juara II Rp20 juta, juara III Rp15 juta, juara IV Rp10 juta, juara V Rp7,5 juta dan juara VI Rp5 juta.

Untuk kategori internasional puteri panitia hanya menyiapkan hadiah hanya sampai pada juara ketiga karena pesertanya hanya sedikit. Adapun hadiah uang untuk kategori internasional puteri juara I Rp25 juta, juara II Rp20 juta dan juara III Rp15 juta. Selanjutnya untuk kategori nasional hanya diperuntukkan bagi peserta putera dengan hadiah juara I Rp20 juta, juara II Rp15 juta, juara III Rp10 juta, juara IV Rp7,5 juta, juara V Rp5 juta dan juara VI Rp2,5 juta. Sedangkan untuk kategori pelajar putera dan puteri, panitia menyiapkan bonus uang masing-masing juara I Rp3,5 juta, juara II Rp2,5 juta, juara III Rp2 juta, juara IV Rp1,5 juta, juara V Rp1 juta dan juara VI Rp750 ribu. (aji)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.