Pelantikan Rektor Untad Terpilih Paling Lambat 5 Maret

- Periklanan -

PALU – Pelantikan Rektor Universitas Tadulako (UNTAD) periode 2019-2023 diharapkan berlangsung paling lambat pada 5 Maret 2019. Hal itu disampaikan langsung oleh Rektor, Prof Dr Ir H Muhammad Basir Cyio SE MS, saat diwawancarai Minggu (24/2).
Saat ini, suksesi tinggal menyisakan tahapan pemilihan. Dalam tahapan ini, pemilihan Rektor akan memperebutkan suara senat dan suara menteri. Suara menteri dalam tahapan ini memiliki porsi 35 persen dari total suara.
Berkenaan dengan itu, Prof Basir Cyio optimis bahwa pemilihan Rektor UNTAD akan dilangsungkan antara 25 sampai 28 Februari 2019. Dengan begitu, pelantikan Rektor terpilih dapat dilaksanakan pada 4 Maret.
“Paling lambat 5 Maret sesuai masa tugas saya berakhir. Insya Allah saya optimis tahapan ini dapat berlangsung dengan baik dan tepat waktu. Harapan kami, dalam pekan ini, Pak Menteri akan datang atau mengirimkan pihak yang mewakili Beliau untuk turut memberikan suara, dan terpilih satu dari tiga calon yang telah menyampaikan visi dan misinya,” kata Rektor.
Optimisme itu muncul karena tiga calon Rektor tidak memiliki masalah apa pun. Dalam penelusuran rekam jejak, ketiga calon Rektor itu dinyatakan tidak memiliki masalah, sehingga pekan ini dipastikan pemilihan yang melibatkan suara menteri dapat dilaksanakan.
Saat ditanya, jika pemilihan tidak dilaksanakan sampai 4 Maret, dan belum ada pelantikan pada 5 Maret, Prof Basir Cyio secara diplomatis menjawab bahwa selaku Rektor, dirinya berharap hal itu tidak terjadi. Artinya, proses suksesi tetap terlaksana sesuai jadwal dan tahapannya.
“Kami sangat yakin pihak Kemenristekdikti akan menjadwalkan pemilihan antara 25 sampai 28 Februari ini, dan pelantikan pada 4 atau 5 Maret. Kami optimis tidak ada caretaker, pelaksana tugas, maupun perpanjangan masa tugas. Insya Allah semua berjalan lancar dengan izin dan ridho Allah SWT,” kata Prof Basir Cyio.
Prof Basir Cyio mengharapkan, hal itu karena secara pribadi sebagai seorang akademisi dirinya telah merancang target-target pelaksanaan tri darma perguruan tinggi saat dirinya tidak lagi menjabat nanti. Selama hampir delapan tahun ini, ujar Prof Basir Cyio, dirinya yang berkutat di urusan administratif sebagai Rektor amat merindukan suasana akademis melalui pengimplementasian tri darma perguruan tinggi.
“Kami telah memiliki target, terutama dalam meneliti dan mempublikasikan hasil penelitian dalam bentuk artikel di jurnal bereputasi internasional. Selain itu, tentu para calon juga memiliki target jika nanti terpilih dan dilantik pada 5 Maret, sehingga kami berharap agar suksesi ini berlangsung dengan baik dan lancar,” kata Rektor. (ron)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.