Pelajar Sulteng Punya Kesempatan ke New Zealand

- Periklanan -

Duta Besar New Zealand, Mr Trevor Matheson, (tengah) foto bersama para pelajar dan kepala sekolah SMP dan SMA Palu saat Roadshow National Challenges Go To New Zealand 2017, di Universitas Tadulako, Selasa (8/8). (Foto: bmz)

PALU – Mengawali pemilihan duta Zetizen seluruh Indonesia sebelum final go to New Zealand, Provinsi Sulawesi Tengah dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Roadshow National Challenges Go To New Zealand 2017.

Kegiatan tersebut telah dilaksanakan di Theater Room IT Center Universitas Tadulako (Untad) Palu, Selasa (8/8) kemarin, yang dihadiri langsung oleh Duta Besar New Zealand, Mr Trevor Matheson, bersama Trade Commissioner  New Zealand Mr Tim Anderson, dan Marketing and Strategic Education New Zealand Karmela Christy.

Zetizen National Challenges Go To New Zealand, mulai digalakkan Jawa Pos Group yang ada di 39 Kota dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia. Roadshow National Challenges Go to New Zealand 2017, yang dilaksanakan di Sulteng diakamodir Zetizen Radar Sulteng. Juga dihadiri Supervisor Zetizen Jawa Pos, Faisal Ash Siddiq, dan Koordinator Zetizen Jawa Pos Fattah Bagoes Pratama.

Pelaksanaan Roadshow National Challenges Go to New Zealand dengan tema “Lakukan Hal Baik Pergi ke New New Zealand” adalah yang kedua kalinya. Seperti di daerah lain, di Sulteng juga disambut antusias ratusan peserta didik SMP dan SMA se Kota Palu. Apa lagi diketahui, Sulteng juga mengirim duta Zetizen yang ikut berangkan ke New Zealand tahun lalu, yang diwakili siswi dari SMP Madani Palu.

Sebelum memasuki pemaparan program National Challenge Zetizen Go to New Zealand, diawali sambutan Gubernur Sulteng diwakili Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesra, Dr Ir Bunga Elim Somba MsC.

Pemerintah Provinsi, kata Elim Somba, sangat mengsuport  atas terselenggaranya kegiatan Roadshow National Challenges Go To New Zealand 2017 di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Apalagi mendapat suport langsung dari pemerintah New Zealand. “Melalui kesempatan ini diharapkan kepada pihak Dinas Pendidikan, sekolah-sekolah yang ada juga bisa mendukung kegiatan-kegiatan positif bagi anak-anak didiknya, seperti dalam kegiatan yang dilaksanakan Zetizen,” terangnya.

Sambutan Duta Besar New Zealand, Mr Trevor Matheson, yang menggunakan bahasa Mori New Zealand yang dipadukan dengan Bahasa Inggris menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Jawa Pos Grup yang sudah peduli dengan generasi muda di Indonesia agar dapat berbuat dengan aksi-aksi positif di lingkungan masing-masing.

- Periklanan -

Mr Trevor Matheson, sesekali memberikan motivasi kepada para siswa agar mencintai beragam budaya, baik yang di Indonesia maupun di seluruh dunia. Olehnya diharapkan melalui program Zetizen bersama Jawa Pos Group, generasi muda bisa menjadi pionir utama dalam menggalakkan aksi-aksi positif.

Sementara Trade Commissioner  New Zealand Mr Tim Anderson, yang menyampaikan sosialisasi Zitezen menggunakan Bahasa Indonesia, juga mengajak anak muda di Sulteng untuk melakukan aksi positif.

“Apa lagi dengan aksi-aksi positif, untuk desamu, kotamu provinsimu dan negerimu. Kalian bisa pergi ke New Zealand meski usia anda masih belasan tahun, kalian semua adalah masa depan negeri ini,” ucapnya.

Dia menyatakan agar generasi muda Sulteng dan di Indonesia umumnya tidak merasa bahwa nanti harus tinggal di kota besar baru berkesempatan pergi ke luar negeri. “Di kota kecil, yakinlah kalian juga pasti bisa ke Ne Zealand,” jelasnya.

Diharapkan agar sebelum final go to new Zealand agar generasi muda di Sulteng mulai menunjukkan aksi positif dengan web khusus Zetizen.

Sambutan Pemimpin Radar Sulteng Group, H Kamil Badrun AR SE MSi, yang diwakili redaktur Harian Umum Radar Sulteng, Rony Sandhi SE, menekankan bahwa kegiatan yang digalakkan Zetizen dan apa yang dilakukan alpha Zetizen di setiap daerah, yang diakomodir langsung Jawa Pos Group jelas sangat positif dan menginspirasi.

“Apa yang dilakukan anak-anak muda ini, jelas sangat positif dan bisa memberikan motivasi kepada anak muda untuk bisa berbuat banyak lagi aksi-aksi positif,” katanya.

Olehnya, diharapkan Dinas Pendidikan, khususnya para guru-guru dan kepala sekolah agar memberikan support kepada siswanya dalam mengikuti kegiatan yang sedang digalakkan Zetizen.

Secara singkat, juga disampaikan bahwa Harian Umum Radar Sulteng telah menyiapkan halaman khusus Zetizen, sebagai halaman untuk para pembaca di kalangan remaja. (egi)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.