Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Pekerjaan Proyek Pengecetan Jembatan IV Molor

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

sejumlah pekerja harus berburu dengan waktu agar dapat selesaikan pekerjaan sesuai target yang ditentukan Dinas PU Kota Palu. (Foto: Moh. Rizal)

PALU – Proyek pemeliharaan Jembatan Palu IV (empat) nampaknya akan molor dari target yang ditentukan. Proyek dengan item pekerjaan berupa pengecekan kondisi jembatan serta pengecetan ulang jembatan ini, seharusnya sudah berakhir Kamis (28/12) kemarin.

Namun, aktifitas proyek tersebut masih akan berlanjut, hingga beberapa hari kedepan. Kepala Seksi (Kasi) Pengawas Bangunan Pelengkap J

embatan Dinas PU Kota Palu, Muhammad Nur Larisa mengakui, untuk pengerjaan Jembatan IV masih dikerjakan meskipun batas akhir pengerjaan jatuh pada 28 Desember kemarin. “Sesuai dengan kontrak kerja dengan rekanan kerja kesepakatannya sampai tanggal 28 Desember pengerjaan pengecetan plus pemeliharaan Jembatan sudah selesai semua. Namun memang di lapangan agak lambat,” ungkapnya kepada Radar Sulteng diruanganya, Rabu (28/12).

Hal itu, menurut Nur, merupakan faktor yang tidak di sengaja oleh pihak rekanan. Sebab, sejauh ini prosedur pelaksanaan pengecetan, serta pemeliharaan Jembatan IV sudah diupayakan dengan maksimal.

“Namanya juga manusia tidak selalu sempurna, meski sudah dengan upaya maksimal,” katanya.

Namun, hal itu tidak menjadi patokan bagi rekanan kerja (kontraktor) untuk tidak menyelesaikan pengerjaan tepat pada waktunya. Karena sesuai dengan aturan yang berlaku, dan disepakati secara bersama, jika tidak memenuhi target batas yang ditentukan, akan di kenai denda sesuai dengan kesepakatan.

“Untuk denda yang diberikan kepada rekanan kerja akan dihitung dengan jumlah hari dari batas yang sudah diberikan, misalnya jika batas akhir tanggal 28 Desember, namun masih bekerja selama dua hari kedepan, maka denda yang diberikan oleh PU kota Palu sesuai aturan yakni berapa hari tambahan kerja dikali dengan sisa persen pengerjaan  per seribu,” sebutnya.

Kemudian, dari hasil pantauan PU Kota Palu, untuk pengecetann, serta pemeliharaan Jembatan IV masih berkisar di angka 95 persen dari pengerjaannya. Namun, untuk memastikan sisa dari pengerjaan pengecekan tersebut akan bisa diketahui pada pukul 24.00 dini hari seusai batas waktu.

“Besoknya (hari ini) dari PU Kota Palu, didampingi konsultan, dan kontraktor, akan melihat bersama-sama sampai dimana batas pengerjaan, biar nanti nya sama persepsi tentang berapa persen yang sudah dikerjakan,” ujarnya.

Sementara untuk pengerjaan di Jembatan IV tinggal menyisakan sebagian kecil pengecetan di bagian atau batang jembatan IV. Setelah pengecetan selesai maka seluruh kegiatan pengerjaan di Jembatan IV akan rampung.

“Karena masih ada pengecetan Jembatan, bisa jadi buka tutup jalan masih diberlakukan sampai benar-benar kegiatan pengecetan sudah selesai, meskipun sebelumnya diberitahukan bahwa buka tutup jalan berakhir pada hari ini (kemarin),” sebutnya. (cr7)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.