Pekerjaan Mess Pemda Poso Harus Ditender

- Periklanan -

Inilah Mess Pemda Poso yang terletak di Jalan Samratulangi Palu. (Foto: Budiyanto Wiharto)

POSO-DPRD Kabupaten (Dekab) Poso merespon positif rencana pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mempihakketigakan Mess Pemda Poso di Palu demi peningkatan perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tapi diingatkan DPRD, proses mempihak-ketigakannya harus dilakukan secara benar dan sesuai aturan.

“ Mempihakketigakan Mess Pemda harus melalui proses tender (lelang terbuka). Tidak boleh main tunjuk sama pihak atau pengusaha yang diinginkan,” kata Muhaimin Yunus Hadi, anggota DPRD Poso, kemarin. “Kalau main tunjuk itu salah dan melanggar aturan,” tandas politisi PAN ini. Perlu ditender/lelang, karena nilai kontrak perjanjian dipastikan besar. “Pas masih dikelola sendiri melalui bagian Umum, pencapaian pendapatannya kan sudah 750 jutaan. Tapi ini masih dipandang kurang sehingga perlu dipihakketigakan. Dinilai perlunya ditender, supaya ditahu publik  bahwa pengusaha yang menang tender adalah yang paling besar nilai kontraknya,” ujar Muhaimin.

Selain wajib ditender, proses mempihakketigakan Mess Pemda Poso di Palu juga harus dilaporkan atau dikoordinasikan dengan DPRD. “ Karena menyangkut asset dan kekayaan pemda, ya DPRD harus tau. Apalagi terkait PAD,” tegas mantan aktifis ini.

- Periklanan -

Penegasan keras Muhaimin itu dilontarkannya, menyusul adanya informasi jika sudah ada pengusaha yang diberi kewenangan mengelola Mess Pemda Poso

di Palu sekarang. Sedang setahu dia, proses tender untuk mempihakketigakan belum ada. “Harus transparan. Masyarakat dan juga

kami di DPRD harus tahu siapa yang mengelola, dan berapa nilai kontraknya sehingga bisa dikontrol,” tukas politisi muda ini.

Keinginan mempihakketigakan Mess Pemda Poso di Palu sudah lahir sejak periode kedua Bupati Poso Piet Inkiriwang (2010-2015). Tujuannya adalah untuk mencapai perolehan PAD yang maksimal. Karena Mess Pemda menjadi salah satu sumber PAD milik pemkab Poso yang paling potensial.(bud)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.