Peduli Dampak Covid-19, Muhammadiyah Sulteng Bagikan Paket Bantuan ke Masyarakat

- Periklanan -

PALU – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Tengah (PWM Sulteng) melalui Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Sulteng membagikan sejumlah bantuan untuk masyarakat terdampak Covid-19 di wilayah Sulteng, Selasa (19/5/2020). Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) MCCC Sulteng mencatat sejumlah bantuan yang dibagikan antara lain 500 paket sembako (Kota Palu 400 paket, Tolitoli 100 paket), 40 tas sekolah, 250 makanan bula puasa (Kota Palu 150 paket/Tolitoli 100 paket), dan 100 masker. Jumlah bantuan tersebut masih akan bertambah, dengan menyusulnya laporan dari MCCC Muhammadiyah Kabupaten Kota seSulteng.

Penyerahan di Huntara Donggala Kodi.

Seremoni pelepasan bantuan dan relawan dilaksanakan di Kantor PWM Sulteng Jalan KH. Ahmad Dahlan Palu. Penerapan protokol Covid-19 sangat ketat dalam kegiatan tersebut.
Sekretaris PWM Sulteng Muh Amin Parakkasi SAg MHI mengatakan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Tengah melalui MCCC Muhammadiyah Sulteng, sejak terbentuknya terus bergerak untuk berbuat yang terbaik untuk masyarakat yang terdampak covid-19.
Penyerahan bantuan ke masyarakat

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulteng, kata Amin Parakkasi, memberi apresiasi kepada segenap Tim MCCC yang berjuang tanpa pamrih. Lebih khusus kepada segenap Ortom yang tetap bersatu bersinergi dalam barisan One Muhammadiyah One Respons, tidak menonjolkan ego masing-masing. “Terima atas kekompakan kalian,” ucapnya.
Lanjut Amin Parakkasi, kepada warga, simpatisan dan masyarakat jika ingat berpartisipasi dalam penanhanan Covid-19 dapat menyalurkannya melalui Lazismu. “Kami dengan tangan terbuka siap menampung dan menyalurkan donasinya melalui Lazismu Sulteng,” tuturnya.
Ketua MCCC Sulteng dr Mariani Rasjid, Sp.P mengungkapkan respons Muhammadiyah Sulteng melalui MCCC Sulteng dalam penanganan Covid-19 di Provinsi Sulteng di antaranya sosialisasi dan edukasi masyarakat, membagikan sembako 1.195 paket, subsidi beras kepada 50 jiwa, pendampingan psyco-sosial, program makan gratis, edukasi relawan di desa siaga Covid-19, edukasi CPTS dan penggunaan masker, sosialisasi panduan keamanan bagi kelompok rentan, dan pelayanan PFA melalui radio.
Selain itu kata dr Mariani, juga melakukan pembagian hand sanitizer, penyemprotan disinfektan ke sjimlah masjid, sekolah dan fasilitas umum, pembuatan face shield, hazmat, masker, tempat cuci tangan, serta dapur umum untuk ODP, sosialisasi online, pemberian multivitamin dan nutrisi untuk Balita dan tenaga medis.
“Total donasi untuk penanganan Covid-19 di Sulteng yang terhimpun lewat Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Sulteng per 17 Mei 2020 sebesar Rp332.316.000 dan telah disalurkan Rp322.724.750,” ungkap dr Mariani yang juga Direktur PKU Muhammadiyah Palu.
Dr Mariani menyebutkan bahwa, sejumlah penanganan Covid-19 tersebut selain dilakukan MCCC Sulteng juga termasuk MCCC Muhammadiyah di kabupaten/kota seSulteng yang didukung oleh lembaga dan ortom Muhammadiyah. Yakni Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyatul Aisyiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Tapak Suci Puteta Muhammadiyah, Lazismu, MDMC, PKU Muhammadiyah Palu, Unismuh Palu dan sejumlah Amal Usaha Muhammadiyah seSulteng. “Semua bahu membahu dalam penanganan Covid-19 di Sulteng. Semoga wabah ini segera berlalu,” pungkasnya.(*/fdl)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.