Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Pedagang Sepakat Ikut Master Plan Pasar Masomba

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Kondisi Pasar Masomba pascamusibah kebakaran kemarin (9/8). Tidak ada yang bisa diselamatkan karena dindingnya habis dilahap si jago merah. (Foto: Safrudin)

PALU– Hasil pertemuan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palu bersama Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Palu dan sejumlah pedagang Pasar Masomba, telah menyepakati master plan yang direncanakan oleh pemerintah kota.

Menurut Kepala Disperindag Kota Palu, Dr Farid Yotolembah MSi, salah satu kesepakatan yang dihasilkan dari pertemuan baru-baru ini, akan ada akses jalan di dalam pasar.

“Sebab jika terjadi lagi kebakaran, mobil Damkar bisa leluasa memadamkan api. Kemudian pasarnya juga lebih kelihatan tertata rapi,” sebutnya ditemui Radar Sulteng Selasa (15/8).

Farid mengungkapkan, di tempat terjadinya kebakaran, ternyata tanah yang terbakar banyak milik masyarakat. Saat ini tanah masyarakat itu telah dibuatkan desain gambar dan kios yang akan dibangun di tempat itu. “Karena tidak mungkin pihak kita yang membangun. Yang jelas, harus mengikuti gambar yang telah disiapkan oleh pemerintah Kota Palu,” pinta Farid.

Lanjutnya, semuanya sudah diserahkan ke masyarakat untuk membangun kembali. Dan masyarakat sudah menyetujui kesepakatan ini dengan mengikuti gambar dari pemkot. Dengan cacatan, harus sesuai yang telah ditetapkan. “Apalagi Pasar Masomba pasca kebakaran sudah dibersihkan dan sudah diratakan. Tinggal masyarakat kapan ingin membangun lagi,”ujarnya.

Sedangkan untuk lahan pemerintah di lokasi Pasar Masomba, sifatnya berbeda dengan lahan masyarakat. Nantinya akan dibanbgun tersendiri dengan menunggu anggaran dulu pada tahun 2018.

Farid berharap, Pasar Masomba tidak berulang-ulang lagi terbakar. Makanya itu diusulkan dalam pembangunan baru, akan ada bak penampungan air di sekitar pasar. “Akan dibangun bak penampung air guna untuk mengantisipasi lagi kebakaran. Supaya lebih dekat pengambilan airnya dan di setiap sudutnya harus ada hydrant,” pesan Farid. (cr2)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.