Pedagang Diingatkan Tidak Berlebihan Naikan Harga

Komsumsi Masyarakat Masih Rendah

- Periklanan -

PALU-Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Tengah, M Abdul Majid Ikram mengungkapkan harga sejumlah kebutuhan pokok sudah mengalami kenaikan jelang Natal dan tahun baru (Nataru). Meski mengalami kenaikan, namun menurut Majid kenaikan harga kebutuhan pokok itu masih relatif terjangkau. Hal itu terungkap setelah dilakukan pemantauan harga oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sulteng, beberapa waktu lalu.

“Beberapa komoditas alami kenaikan tapi relatif masih terjangkau. Seperti tomat, cabai, itu hal yang wajar,” kata Majid Ikram, kemarin (17/12).

- Periklanan -

Majid Ikram mengingatkan agar pedagang tidak memanfatkan momen ini untuk menaikan harga secara berlebihan. Mantan Kepala KPw BI Cirebon ini menjelaskan bahwa daya beli masyarakat saat ini masih cukup rendah. Sehingga dijelaskannya, jika pegadang menaikan harga secara berlebihan akan makin menurunkan daya beli masyarakat yang dampaknya juga akan merugikan pedagang.

“Silakan pedagang kalau mau (naikan harga, red), tapi kita akan kontrol agar tidak terlalu tinggi. Agar diketahui, kita ini konsumsinya masih rendah di wilayah Palu. Jadi jangan berani-beraninya pasang harga terlalu tinggi, nanti orang gak akan beli. Oke dia beli, tapi dia akan mengorbankan konsumsi barang yang lain. Triwulan tiga saja, komsumsi kita tumbuhnya rendah,” jelasnya. (saf)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.