PB IKIB Semakin Melejit Membenahi Internal Organisasi

Oleh : Dr. Sudirman K. Udja, M.Si.

- Periklanan -

SEJAK awal tahun 2020 hingga saat ini (awal tahun 2021), Pengurus Besar Ikatan Keluarga Indonesia Buol (PB. IKIB) terus melakukan pembenahan internal kelembagaan dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan.

Diawali dengan kegiatan Musyawarah Besar Luar Biasa (Mubeslub) yang berlangsung pada tanggal 11 – 12 Januari 2020.

Dalam Mubeslub tersebut, menghadirkan warga Buol yang ada di Kota Palu dan sekitarnya, Pengurus Daerah (PD) IKIB Kabupaten Tolitoli, PD. IKIB Gorontalo dan tokoh-tokoh masyarakat Buol baik yang ada di Kota Palu, dari Buol maupun dari daerah lain di wilayah Republik Indonesia.

Mubeslub tersebut membahas kembali Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD – ART) IKIB, Merumuskan Program Kerja dan Rekomendasi serta memilih pengurus baru periode 2020-2025.

Lahirnya pengurus baru PB. IKIB 2020-2025 yang dipimpin oleh Syamsudin Kuntuamas, pada perinsipnya telah membawa angin segar bagi internal pengurus khususnya dan bagi warga Buol yang ada di rantau pada umumnya.

Maksudnya, dengan adanya pengurus baru PB. IKIB periode sekarang ini seakan akan IKIB baru bangun dari tidurnya dan semakin mengembangkan sayap organisasi hingga terbentuk dan dilantiknya Pengurus Wilayah Khusus (PWK) IKIB Kota Palu pada Ahad 31 Januari 2021.

- Periklanan -

Dengan terbentuk dan dilantiknya PWK IKIB Kota Palu, maka diharapkan akan segera terbentuk Pengurus Cabang (PC) IKIB di setiap kecamatan di wilayah Kota Palu.

Selain itu, dengan adanya PWK IKIB Kota Palu, maka akan segera dilaksanakan pendataan warga Buol yang bermukim pada 46 kelurahan se Kota Palu.

Gerakan perjuangan PB. IKIB periode sekarang ini dalam membenahi internal organisasi juga telah membentuk Panitia Pelaksana Musdalub PD IKIB Kabupaten Tolitoli. Untuk gerakan percepatan terbentuknya Pengurus Daerah (PD) IKIB, maka pihak PB. IKIB juga telah memproses pembentukan PD. IKIB Kabupaten Poso dan Kabupaten Tojo Unauna (Touna).

Dalam waktu yang tidak terlalu lama, PB. IKIB akan melakukan kunjungan silaturahmi (konsolidasi organisasi) ke beberapa kabupaten di Sulawesi Tengah, termasuk ke Kabupaten Buol.

Semua kegiatan yang akan dan telah dilakukan oleh PB IKIB semata-mata bertujuan untuk “memperkuat internal kelembagaan” di satu sisi, dan pada sisi yang lain PB. IKIB berupaya maksimal untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan dalam bingkai kerukunan berbasis pada nilai-nilai kekeluargaan.

*) Penulis adalah Dosen Fisip Untad, sekaligus sebagai Ketua I Bidang Sosial Budaya, Agama, dan Kesehatan PB IKIB periode 2021-2025.

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.