Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PB. IKIB Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU-Pengurus Besar (PB) Ikatan Kerukunan Indonesia Buol (IKIB) pusat, baru saja menggelar Maulid Nabi Muhammad SAW, bertempat di Sekretariat PB. IKIB di Jln. Mandala 5 Birobuli Selatan Kota Palu, Sabtu (30/10).
Pembawa hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW adalah ustad Abdullah Larate.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua Umum (Ketum) PB IKIB Syamsudin Kuntuamas, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PB. IKIB Dr. Jamaludin Sakung, tokoh masyarakat Buol di Palu H. Syamsudin Salakea yang juga anggota Majelis Tinggi PB.IKIB, Dr. Sudirman K. Udja, Ketua PWK Kota Palu H. Nurdin Umar, Ketua Masyarakat Paleleh H. Adnan Baralemba, serta jajaran pengurus PB.IKIB dan tokoh masyarakat Buol yang ada di rantau khususnya di Kota Palu.

Dalam laporan ketua panitia Maulid Nabi Muhammad SAW, Ketua panitia pelaksana Dr. Sudirman K Udja, menjelaskan kegiatan ini baru digagas dan direncanakan empat hari sebelum hari H pelaksanaan Maulid tetapi berjalan lancar dan sukses.

“ Selama PB. IKIB ada baru kali ini dilaksanakan Maulidnya. Semoga ini bukan pertama dan terakhir. Kegiatan ini terselenggara secara swadaya dan terkumpul dana sebanyak kurang lebih Rp 4 juta. Insya Allah kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya, ” kata SKU, sapaan akrab Sudiman K. Udja.

Ketum PB. IKIB, Syamsudin Kuntuamas, dalam sambutannya mengatakan kedepan acara seperti ini akan kita tingkatkan, dilandasi oleh rasa kebersamaan kekeluargaan. Sehingga tercermin satu kekeluargaan kita dalam PB. IKIB.

“ Terima kasih banyak kepada semua panitia yang telah menyukseskan acara ini, dan kepada saudara-saudara kita pengurus PB.IKIB serta keluaraga kita orang Buol yang ada di Kota Palu ini, menghadiri acara yang dirahmati Allah SWT, “ ucap Syamsudin Kuntuamas.

Dikesempatan memperingati Maulid Nabi dilakukan penyerahan hadiah berbagai kegiatan olahraga yang sempat tergelar, yaitu pertandingan domino dan tenis meja. Kegiatan dimaksudkan untuk mempererat tali silaturahmi antara pengurus PB-IKIB dengan keluarga Buol di Kota Palu.

“ Kegiatan pertandingan olahraga ini bisa terselenggara dengan baik walaupun sarana pertandingannya seadanya. Tetapi akan kita gelar lagi di tahun-tahun mendatang dengan lebih baik Lagi. Kegiatan ini memang masih terbatas, karena kita menghormati Prokes Covid-19, “ tutur Syamsudin lagi.

Hikmah Maulid Nabi disampaikan oleh ustad Abdullah Larate. Bahasan hikmah Maulid, ustad Abdullah Larate fokus membahas kelahiran Nabi Muhammad SAW.
Diulasnya, bahwa kita memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Kelahiran itu dari nur. Muhammad.

” Terjadinya semua tatanan kehidupan. Zulbi Adam berdiam 1500 tahun, lalu nur dipindahkan ke Ibrahim, dan selanjutnya pindah ke Abdullah Bin Abdul Muthalib. Semua perempuan ingin dijodohkan dengan anak Abdul Muthalib yaitu Abdullah Bin Abdul Muthalib. Akhirnya dipilih seorang gadis bernama Sitti Aminah. Nur itu berpindah kepada Sitti Aminah. Dan 6 bulan kemudian Abdullah meninggal dunia. Muhammad menjadi yatim piatu, ” jelas Abdullah Larate.

“ Bayi yang pertama mengucapkan alhamdulillahirabil alamin dalam posisi sujud. Semua steril di dunia. Aman dunia, tidak ada pertikaian. Jangan ada persembahan berhala saat rasulullah lahir, “ kuncinya.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.