Pasar Masomba akan Dibangun Kembali

- Periklanan -

Kondisi Pasar Masomba pascamusibah kebakaran kemarin (9/8). (Foto: Safrudin)

PALU – Tidak dapat dipungkiri, Pasar Masomba selama ini memberi kontribusi cukup signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palu. karena itu, Pemerintah Kota Palu melalui Disperindag Kota Palu berkomitmen akan membangun kembali Pasar Masomba.

Bukan hanya komitmen saja. Bahkan, anggaran untuk pembangunan kembali Pasar Masomba yang mengalami kebakaran dua kali belum lama ini tersebut sudah tercover dalam APBD Perubahan 2017 ini. Dan pembangunannya akan segera dilakukan.

“Dalam APBD Perubahan 2017 ini akan kita bangun 7 unit kios ditambah dengan satu los,” ujar Kadis Perindag Farid Yotolembah di kantornya kemarin.

- Periklanan -

Pengembangan alias pembangunan fasilitas yang lain akan dilakukan tahun 2018 mendatang. Dan dengan tetap mengacu pada master plan yang sudah dibuat sebelumnya. Farid memastikan, bangunan baru Pasar Masomba ini nantinya akan lebih safety dari kebakaran, baik dari segi konstruksi maupun bahan yang digunakan.

Sebagai contoh, untuk rangka bangunan sudah menggunakan rangka baja ringan. Instalasi listriknya juga akan rancang lebih baik dibanding sebelumnya. Dengan demikian potensi kebakaran bisa lebih diminimalisir.

Bukan hanya bangunan pasar milik pemerintah saja yang menggunakan rangka baja ringan, pedagang yang membangun sendiri tempat jualannya juga wajib menggunakan rangka baja ringan. “Ini sudah kesepakatan dengan para pedagang. Bentuk dan bahan bangunan yang digunakan pedagang, mereka wajib ikuti petunjuk,” ungkapnya.

Masih dalam rangka meminimalisir kebakaran, pembangunan jalan di tengah-tengah pasar Masomba, sesuai planning sebelum kebakaran kedua terjadi, juga tetap dilakukan. “Target kita pembangunan jalan di tengah pasar ini mulai pertengahan bulan depan,” sebutnya. (ars)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.