Pariwisata Dorong Pembangunan di Sulteng

- Periklanan -

BUOL-Dinas pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan kegiatan rapat koordinasi tehnis (Rakornis) yang merupakan program pariwisata se-Sulawesi Tengah 2019, Rakonis itu mengambil tema “Rapat koordinasi terpadu percepatan pembangunan dan kebangkitan kepariwisataan di Sulawesi Tengah” kegiatan dilaksanakan di salah satu hotel di Buol dari tanggal 24-26 Februari 2019 yang buka Gubernur Sulawesi Tengah Drs Longki Djanggola Msi yang diwakili Staf Ahli Drs Mohammad Nizam MH. Dihadiri Wakil Bupati Buol Abdullah Batalipu S. Sos Msi, Minggu (24/2).

Dalam sambutan Gubernur yang dibacakan Muhammad Nizam menekankan, suatu pedoman untuk dapat mewujudkan tujuan penyelenggraan kepariwisataan di Sulteng harus senantiasa memegang teguh nilai-nilai yang terkandung dalam prinsip kepariwisataan di Indonesia, tidak boleh bertentangan dengan nilai luhur budaya bangsa dan harus selalu berlandaskan nilai agama, budaya adat istiadat dan tradisi di setiap daerah. Tujuannya menggenjot kesejahteraan masyarakat setempat yang turut berperan dalam pembangunan pariwisata di daerah. Pedoman tersebut harus dijadikan acuan untuk kerangka pengembangan destinasi, industri, pemasaran dan kelembagaan kedepan.

Dijelaskannya, destinasi alam di Sulawesi Tengah yang ada di setiap kabupaten memiliki pantai, gunung, hutan dan danau yang indah menjadi perhatian pemerintah provinsi dan Kabupaten, serta dinas tehnik untuk mengambil langka terobosan dalam melakukan pembangunan infrastruktur dengan mengedepankan kearifan lokal di setiap daerah itu sendiri.

Masih menurut Muhammad Nizam, meski demikian pengelolaan obyek wisata sebagian besar masih memiliki kelemahan sumber daya manusia yang terbatas. Belum maksimalnya pelayanan tehnologi berbasis IT untuk menyebarluaskan destinasi yang diunggulkan. Jaringan komunikasi yang belum menjangkau secara keseluruhan. Hal tersebut merupakan kegiatan prioritas pemerintah kedepan untuk bersama-sama dikembangkan melalui kepariwisataan, terbuka lapangan kerja, kesempatan berusaha bagi setiap masyarakat, serta pendapatan daerah dapat meningkat.

- Periklanan -

“Mari kita bangun bersama kawasan obyek wisata di Sulteng untuk menggenjot wisatawan baik lokal maupun mancanegara berkunjung ke daerah kita. ” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Buol Abdullah Batalipu, berterima kasih kepada pemerintah provinsi, serta perwakilan dari dua kementerian pariwisata RI dan Direktorat Jenderal Pembangunan Desa Tertinggal (PDT) dan transmigrasi pusat serta seluruh OPD dinas pariwisata se-Sulteng yang sudah hadir di tanah Pogogul untuk melaksanakan kegiatan khususnya pengembangan destinasi wisata di Kabupaten buol serta kabupaten lain. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menyambut baik, serta dukungan untuk bersama-sama bangun destinasi wisata yang dapat mendatangkan devisa dan keutungan bagi daerah masing-masing, serta masyarakat untuk diberi kesempatan berusaha dan terbuka lapangan kerja secara berkesinambungan melalui sektor pariwisata.

“Kita harus berusaha menjadikan objek pariwisata mampu berdaya saing dengan daerah lain yang sudah lebih dulu berkembang,”pungkas Abdullah.

Pembukaan Rakornis ditandai dengan pemukulan gong oleh staf ahli gubernur Mohammad Nizam, serta pemberian cinderamata berupa maskot daerah buol kepada narasumber, Harwan Ekocahyo Wirasta Asisten Deputi Pendistribusian Kemenpar, Syukurni Kabid Pemasaran area IV Regional III deputi pengembangan pemasaran I Kemenpar, Frangkie Hitipeuw kepala Sub Bagian Perencanaan Program Biro Keuangan Kemenpar, Drs I Nyoman Sriadijaya MM kadis Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah, Hendrik H Simatupang SKom MM MSi Kasi Promosi Pariwisata Direktorat Jenderal PDT dan Transmigrasi RI.(tam)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.