Parimo Dipilih untuk Lokasi Pabrik Gula

- Periklanan -

Bupati lakukan tanaman perdana bibit tebu, Jumat (11/8) kemarin. (Foto: Humas Pemkab parimo)

PARIMO – Dalam waktu dekat pabrik guka akan dibangun di Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parimo, oleh Investor asal India. Rencananya, luas lahan pabrik gula tersebut kurang lebih 160 hektar. Namun, sebelum dimulainya pembangunan pabrik, akan dilakukan pembibitan tebu.

Penanaman bibit tebu dilakukan oleh Bupati Parimo H Samsurizal Tombolotutu, bersama Presiden Direktur salah satu perusahaan asing, Mr Lalit Kumar Ritital, bersama para camat di Desa Tinombo di Jumat (11/8) kemarin.

- Periklanan -

Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu mengatakan, jika pabrik tebu berhasil yang paling banyak diuntungkan adalah masyarakat. Terutama, lapangan pekerjaan akan samakin terbuka lebar. Karena itu, Samsurizal meminta pihak perusahaan merekrut tenaga pabrik 90 persen adalah warga Parigi Moutong.

“Saya tidak mau karyawannya dari India semua. Ini saya ingatkan. Dengan adanya pabrik ini, diharapkan dapat membantu masyarakat yang selama ini kesulitan mencari lapangan pekerjaan,” ujarnya

Pembangunan Pabrik ini katanya, sejalan dengan Program Presiden Jokowi yang akan membangun 100 Pabrik Gula di Indonesia. “Alhamdulillah itu dimulai dari Parigi Moutong,” tandasnya.

Hanya saja, dia mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak melakukan alih fungsi lahan. Jangan sampai karena peluang ekonomi di tebu menggiurkan, sawah produktif dialihfungsikan menjadi lahan tebu. “Jika hal tersebut terjadi, masyarakat akan berurusan dengan pihak kodim,”tandasnya.  Sekadar diketahui, dipilihnya Parimo untuk pembangunan pabrik gula, kandungan gula di tebu milik masyarakat jauh lebih baik dibadingkan daerah lain di Sulteng. (iwn)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.