Parimo Diguncang Gempa 5,4 SR

- Periklanan -

Ilustrasi (@dok)

PARIMO- Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa (14/3), sekitar pukul 13.55 wita. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Klas I Palu mencatat gempa berkekuatan 5,4 Skala Richter (SR) terjadi pada pukul 13:55:21 wita. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0.68 LU-121.19 BT, tepatnya di darat pada jarak 37 km arah timur laut Parimo, pada kedalaman hiposenter 66 km.

“Palu tidak terasa. Yang paling terasa adalah Kabupaten Buol dan Tolitoli dengan intensitas menengah, tapi tidak merusak,” jelas Kepala Stasiun BMKG Geofisika Klas I Palu, Petrus Demon Sili MSi saat dikonfirmasi Radar Sulteng, kemarin.

- Periklanan -

Petrus mengatakan gempa bukan karena aktifitas sesar lokal, tapi merupakan aktifitas subduksi Sulawesi Utara yang mehunjam ke arah selatan di bawah lengan utara Pulau Sulawesi. Peta tingkat guncangan (shake map) kata Petrus, menunjukkan bahwa wilayah Parimo mengalami guncangan dalam skala intensitas I-II Skala Intensitas Gempabumi (SIG) BMKG atau II-IV Modified Mercalli Intensity (MMI). Artinya, guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan oleh orang banyak hingga ke Kabupaten Tolitoli, Buol, dan Gorontalo.

“Hingga laporan ini disusun pada pukul 14:30 wita belum ada laporan terjadinya kerusakan. Guncangan lemah dirasakan juga di wilayah Limboto Provinsi Gorontalo dalam skala intensitas I SIG-BMKG atau II MMI, ” tambahnya.

Petrus menambahkan terjadi tiga kali gempa susulan di wilayah Parimo yang semakin melemah. Diantaranya yang pertama gempa berkekuatan 2,5  SR pada pukul 14.12 wita berada di lokasi 0.55 LU, 121.15 BT, berpusat di darat berjarak 11 km arah timur laut Taopa, Kabupaten Parimo dengan kedalaman 28 km. Kedua, gempa berkekuatan 2,6 SR pada pukul 15.23 wita, berada di lokasi 0.63 LU, 121.11 BT, berpusat di darat berjarak 17 km arah utara Taopa, Kabupaten Parimo.

Ketiga, gempa berkekuatan 3,7 SR pada pukul 16.47 wita berada di lokasi 0.51 LU, 121.11 BT, berpusat di darat berjarak 4 km arah utara Taopa, Kabupaten Parimo dengan kedalaman 27 km. “ Warga di pesisir selatan Gorontalo diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tutup Petrus.(acm)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.