Pantai Teduang Bangkep yang Dikenal dengan Pantai Cinta

- Periklanan -

Pantai Teduang terlihat dari atas menggunakan drone.(Foto: Yusuf Faisal Isima)

KEINDAHAN alam di Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) tidak akan habis diulas dalam untaian kata-kata. Lebih dari 10.000 kilometer persegi panjang pantai di Bangkep yang menghamparkan pasir putih khas pulau Timur. 99 persen dijamin alami.

LAPORAN : Barnabas Loinang, Banggai Kepulauan

PANTAI  Teduang termasuk salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bangkep. Mulai disentuh sejak 2010 oleh mantan Kapolres Bangkep AKBP Eko Santoso kala itu. Pantai Teduang kemudian dipermak sedikit demi sedikit agar wisatawan betah berlama-lama menikmati keindahan bahari Pantai Teduang.

Saat ini Pantai Teduang sering dikunjungi wisatawan lokal serta wisatawan dari Luar Banggai Kepulauan. jaraknya sekitar 7 kilometer dari pusat ibu kota Salakan. Wisatawan yang memiliki waktu sempit bisa menuju pantai Teduang ketimbang destinasi wisata lain yang menempuh perjalanan sampai berjam jam.

- Periklanan -

Di pantai teduang telah tersedia bungalow yang disewakan dengan harga cukup terjangkau, serta tempat bilas yang dibayar Rp5 ribu sekali bilas. Hanya saja di Pantai Teduang ini, tidak tersedia pedagang yang menjajakan makanan sehingga wisatawan diwajibkan membawa makanan sendiri jika ingin berlama lama di pantai Teduang.

Dulu, tahun 2015 pengelola pantai Teduang menyediakan kano bagi wisatawan yang ingin mengeksplor bibir pantai Teduang. Disewa Rp10 ribu per jam. Dengan waktu yang cukup singkat, cukup untuk menjangkau sudut pantai Teduang dari sebelah utara hingga Selatan yang mencapai satu kilometer.

Lambat laun pantai ini tidak diurus pemerintah. Pemerintah berpangku tangan kepada masyarakat agar masyarakat mengelola dan mempromosikan pantai tersebut. Namun karena pada dasarnya pantai Teduang ini memiliki karakteristik ombak yang tenang dan sudah dikena di hati masyarakat, jadilah pantai ini selalu menarik minat masyarakat untuk mengelola pantai Teduang.

Pantai Teduang ini memiliki arus laut yang tenang bagai danau karena berada didalam area teluk. Air lautnya sangat bening dan jernih, dan ada satu hal sangat menarik disini adalah kreativitas pengelola Pantai Teduang dimana di atas pasir yang berada dibawah air di pantai tersebut disusun bebatuan yang membentuk beberapa simbol. Ada yang berbentuk seperti bunga dan ada yang berbentuk seperti gambar simbol cinta. Inilah salah satu spot fotogradi terbaik di Banggai Kepulauan, bahkan bisa bersaing dengan keindahan pantai lainnya di kawasan Indonesia Timur. Tak jarang anak anak muda maupun komunitas di Bangkep, selalu mengabadikan foto selfi dengan background spot love. Jadilah Pantai Teduang dikenal dengan Pantai Cinta yang umumnya didatangi para remaja.

Jika wisatawan ingin berpergian ke pantai Teduang, alangkah baiknya menikmati pantai Teduang di kala pagi hari atau menjelang senja. Sambil membawa ikan segar yang dibakar di bibir pantai. Maka anda bisa merasakan sunset yang begitu meneduhkan hati dengan mengucap syukur atas indahnya ukiran yang Maha Kuasa. (*)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.