PAN dan Berkarya Batal Daftarkan Caleg, Gerindra Lambat Datang ke KPU

- Periklanan -

PALU – Lima hari menjelang penutupan  masa pendaftaran caleg,  KPU belum terima satupun pendaftaran bacaleg. PAN dan Partai Berkarya yang sudah menyatakan akan mendaftar Kamis kemarin, batal datang ke KPU.

Partai Gerindra harus membawa pulang kembali berkas bakal calon legislatif gara-gara datang terlambat mendaftar ke KPU Palu di atas pukul 16.00. (Foto: Zainudin Jacub)

Sementara Partai Gerindra yang sudah datang ke KPU bersama  para caleg, pendaftarannya  tidak lagi dilayani. Pengurus dan caleg Gerindra datang di KPU pada pukul 16.15.

Menurut Ketua KPU Palu Marwan P Angku, Partai Gerindra  belum dianggap telah melakukan pendaftaran. Sesuai PKPU, pendaftaran caleg itu antara pukul 18.00 hingga 16.00.

“Karena pengurus Partai Gerindra Kota Palu  datang mendaftar di atas pukul 16.00 maka mereka  hanya kami terima untuk berkonsultasi bukan untuk mendaftar,” kata Marwan.

- Periklanan -

Ketua KPU yang akan mengakhiri tugasnya sebagai Komisioner di pukul 11.00 pada  Jumat (13/7)  ini, menyatakan nanti pada hari terakhir baru pendaftaran dibuka hingga pukul 00.00 .

“Olehnya kami meminta kepada mereka supaya dokumen pencalegan dibawa pulang dulu,  nanti Jumat besok baru mereka kami minta kembali ke KPU Palu untuk mendaftar,” ujar Marwan.

Marwan kembali mengingatkan kepada Partai Politik, ada empat hal  yang harus dipenuhi yaitu syarat pencalonan, yaitu SK dari Partai Politik,  Kemudian susunan daftar calon, kemudian fakta integritas Parpol untuk tidak mencalonkan  yang dilarang dalam PKPU yaitu   pidana korupsi, narkoba dan pelecehan terhadap anak. “Sementara untuk syarat calon masih bisa diperbaiki pada masa perbaikan,” tukasnya.

Jika Gerindra telat datang ke KPU. Maka Partai Berkarya dan PAN kata Marwan batal mendaftar.

“PAN sudah menyampaikan kepada kami akan mendaftar pada pukul  11.00 sementara  Partai Berkarya mendaftar pada pukul 15.00. Namun kemudian mereka batal datang ke KPU,” demikian Marwan.(zai)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.